Tentang Kita

Pasca bergulirnya reformasi tahun 1998, perusahaan pers di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat. Kebebasan berpendapat menjadi bagian tak terpisahkan, dari upaya nyata implementasi demokrasi yang selama ini dicita-citakan dapat segera terwujud.

Diakui memang, meski membangun perusahaan pers tak sesulit dulu. Namun dalam menjalankannya memiliki tantangan baru. Tantangannya adalah menentukan arah jurnalisme sebagai produk jurnalistik, yang juga menjadi pertanggung jawaban lahirnya sebuah media massa.

Di era sekarang, rata-rata media massa  cenderung memilih isue berat. “Bad News is Good News” masih menjadi patron beberapa media massa dalam menentukan angle pemberitaan. Sehingga, seringkali berita-berita positif atau prestasi dianggap tak lagi menarik untuk diberitakan dan menjadi ruang kosong.

Tentu saja ruang kosong itu harus diisi, jika tidak lama kelamaan masyarakat akan berubah cara pandangnya. Selalu melihat sisi negatif dari sebuah keadaan. Lebih parahnya lagi, tak dapat melihat semangat positif dalam dirinya sendiri. Dalam upaya mencoba mengisi kekosongan itu, tentu harus ada yang hadir sebagai penyelaras.

Memahami kondisi itu pula, KitaNews.id memilih sebagai apresiatif jurnalisme dan hadir sebagai media massa dengan tujuan utama memberikan edukasi. Warga yang ingin memberikan laporan tentang pekembangan dan kondisi terkini disekitarnya, diberi ruang untuk menulis melalui ruang Laporan Warga.

Sebenarnya, hal serupa sudah dilakukan masyarakat melalui media sosial. Hanya saja, kehadiran KitaNews.id untuk melengkapi keinginan masyarakat, dalam memberikan informasi. Sebelum ditayangkan, tentu saja informasi tersebut akan menjalani proses racikan agar penyajian berita menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami dengan tetap mempedomani kaidah jurnalistik yang ada.

Media massa sebesar apapun, tidak ada apa-apanya tanpa pembaca setia. Karena itu, pembaca KitaNews.id merupakan bagian tak terpisahkan dan “KITA” adalah keluarga. Harapannya tentu saja, situs ini dapat menjadi semakin besar dalam memberikan semangat positif bagi semua orang di se-antero Negeri.

Salam Hangat

Redaksi KitaNews.id