157 Sekolah di Aceh Capaian Vaksinasi Siswa di Atas 75 Persen


BANDA ACEH–Sebanyak 157 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Aceh berhasil melakukan vaksinasi Covid-19 lebih dari 75 persen dari total jumlah siswanya. Jumlah tersebut bertambah secara signifikan dari update terakhir pada Rabu (29/9), yang mencapai sebanyak 99 sekolah. “Alhamdulillah ini capaian yang luar biasa, terimakasih atas kerja keras semua dari kepala sekolah, guru dan juga tim vaksinator Puskesmas,” kata Sekda Aceh, Taqwallah usai melaksanakan zikir dan doa bersama keselamatan pandemi yang digelar secara virtual, dari Ruang Potensi Daerah Setda Aceh, Jumat, (1/10/2021).

Zikir dan doa bersama pagi ini di Kantor Gubernur Aceh diikuti langsung oleh seluruh Sekda Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan itu, Sekda Aceh juga menyapa sejumlah kepala sekolah yang capaian vaksinasi siswanya sudah di atas 70 persen. Ia menanyakan kiat dan motivasi hingga berhasil memvaksinasi siswanya. “Kerja keras wali kelas menjadi kunci kami hingga banyak murid yang mau divaksin dan kami juga meminta restu orang tua untuk mendukung anaknya,” kata Kepala Sekolah SMAN 11 Takengon.

Cara lainnya dalam mengajak siswa ikut vaksinasi juga disampaikan Kepala Sekolah SMAN 1 Simpang Kiri. Ia mengatakan, dari 900 lebih total siswanya, sebanyak 80 persen diantaranya telah menerima suntikan vaksin Covid-19. “Jauh hari sebelum pelaksanaan vaksinasi siswa, kami melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada siswa dan orangtuanya tentang pentingnya vaksin ini,” ujar dia.

Seperti diketahui, zikir dan doa bersama Pemerintah Aceh telah dimulai sejak Kamis (15/7/2021) dan dilaksanakan setiap hari pada pukul 08.00- 08.30 WIB, sesaat sebelum aktivitas perkantoran dimulai. Hari ini kegiatan tersebut diikuti 805 peserta virtual dari ASN Pemerintah Aceh baik di SKPA, UPTD, Kacabdin, SMA dan Kantor Cabang Bank Aceh.

Kegiatan itu dipimpin langsung secara virtual dari aula Kantor Gubernur Aceh oleh Sekda Aceh, staf ahli gubernur, para asisten dan Kepala Biro.(raf)