Sekda Taqwallah: Aksi Donor Darah Pemerintah Aceh Jalan Terus dan tak Ada Kata Henti


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr.Taqwallah MKes., menegaskan, aksi donor darah yang telah dilangsungkan selama dua tahun lebih oleh Pemerintah Aceh, tidak boleh terhenti, dengan alasan apapun. Dengan kata lain, aksi kemanusiaan yang telah memunculkan dampak sangat positif untuk bidang kemanusiaan itu akan terus berlanjut dan tak ada kata untuk berhenti. “Tidak ada tawar menawar. Aksi ini hasilnya nyata. Tidak boleh terhenti dengan alasan apapun,” kata Sekda, saat menggelar rapat dengan pimpinan PMI Kota Banda Aceh, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan Aceh, Sumberdaya manusia dan Hubungan Kerjasama, Kepala Biro Isra, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Kamis 30/09/2021.

Sekda menyebutkan, seharusnya pada setiap hari kerja, donor darah Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa dilangsungkan. Tercatat ada 60 lebih SKPA Pemerintah Aceh. Jika dirata-ratakan per harinya aksi donor darah bisa dilangsungkan di 1 sampai 2 SKPA. “Atur jadwal lagi dengan baik. Tolong dipastikan kegiatan ini berlangsung seperti dulu.”

Sekda kembali menegaskan, dirinya melarang SKPA melangsungkan kegiatan lain saat aksi donor darah dilakukan. Kepala Dinas bahkan dilarang bepergian tugas ke luar daerah saat kegiatan ini berlangsung.

Donor darah ASN Pemerintah Aceh dimulai sejak 20 Mei 2020 lalu. Sampai saat ini, kegiatan telah berlangsung lebih dari satu tahun. Seluruh ASN diajak untuk berpartisipasi menyumbangkan darah mereka demi kebutuhan darah di PMI Banda Aceh yang juga untuk menalangi kebutuhan darah di rumah sakit seputar Banda Aceh, terutama saat darurat.