Sekda Minta Wali Kelas Selalu Dampingi Siswa saat Divaksin Covid-19


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah M.Kes., meminta para wali kelas untuk selalu mendampingi siswa saat divaksin covid-19. “Hanya wali kelas yang paling memahami psikologi dari siswa. Jadi jangan sampai tidak mendampingi anaknya saat divaksin,” kata Sekda saat memberikan arahan kepada para kepala sekolah dan guru langsung dari SMA 1 Meureudu Pidie Jaya, Kamis 23/09/2021.

Sekda mengatakan, idealnya, vaksinasi yang dilakukan di manapun itu, sejogyanya dilakukan pada klaster kelas. Karena, jika vaksin dilakukan di Puskesmas, sebaiknya siswa yang datang adalah siswa dari masing-masing kelas. Hal itu akan mempermudah wali kelas untuk mengontrol muridnya.

Selain itu, Sekda meminta agar para kepala sekolah untuk membangun sinergisitas dengan Puskesmas. “Kunci sukses selain wali kelas adalah Kepala sekolah. Segera bangun komunikasi dan sinergi dengan kepala Puskesmas dan pastikan jadwal vaksinasinya,” ujar Sekda.

Hubungan dengan Kepala Puskesmas sangat penting. Di mana selain para vaksinator yang bertanggung jawab memberikan suntikan vaksin, di puskesmas pula terdapat dokter yang mendampingi para siswa yang akan disuntik.

Sekda menyebutkan, wali kelas, kepala sekolah dan kepala puskesmas adalah tokoh kunci dari suksesnya vaksinasi Covid-19 bagi anak usia sekolah. []