Vaksinasi Kunci Melepas Belenggu Pandemi Covid-19


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara menyeluruh merupakan salah satu cara untuk bisa mengendalikan virus corona dan menjadi kunci untuk keluar dari belenggu pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Taqwallah seusai mengikuti dzikir dan do’a rutin yang digelar setiap pagi bersama ASN lingkup Pemerintah Aceh, dari ruang Potensi Daerah Sekretariat Daerah Aceh, Kamis (16/9/2021).

Taqwallah menyampaikan, vaksinasi sangat berguna untuk mengembalikan aktivitas rutinitas hidup kembali normal seperti sedia kala.
Karenanya, agar hal itu dapat segera tercapai dibutuhkan kesadaran semua pihak supaya dapat menyukseskan program vaksinasi Covid-19, terutama di lingkungan sekolah.

“Mulai dari diri sendiri, lakukan vaksinasi kemudian dorong keluarga untuk segera di vaksin. Anak sekolah sekarang ini menjadi prioritas vaksin saat ini,” kata Sekda.

Selain itu, ia mengingatkan kepada seluruh guru sekolah SMA, MAN, SMP, dan MTsn, agar dapat mendorong para siswanya untuk segera melakukan vaksinasi, dengan begitu segala aktivitas dan mobilitas siswa di sekolah bisa kembali normal.

“Fokus kita sampai tanggal 30 September, adalah bagaimana semua anak usia sekolah bisa di vaksin. Bahkan Presiden saja sudah turun langsung memantau vaksinasi, artinya begitu pentingnya vaksin untuk kita agar terbebas dari pandemi,” ujar Taqwallah.

Sekda mengharapkan, kepada seluruh kepala sekolah di seluruh Aceh, untuk dapat sesegera mungkin berkoordinasi dengan kepala Puskesmas setempat, agar bisa mendapatkan layanan vaksin, lantaran kini vaksinasi sudah boleh digunakan untuk anak-anak usia di atas 12 tahun hingga 17 tahun.

Di kesempatan itu, Taqwallah juga mengapresiasi murid dan guru sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang telah melakukan vaksinasi. Salah satunya SMA N 1 Sama Dua Kabupaten Aceh Selatan yang sudah berhasil melakukan vaksinasi 60 persen dari jumlah siswanya.

Apresiasi tersebut disampaikan Sekda saat menyapa secara virtual beberapa sekolah usai pelaksanaan zikir dan doa rutin keselamatan pandemi. Adapun sejumlah sekolah yang disapa Sekda Aceh pada pagi ini adalah SMA Negeri 1 Gandapura Bireuen, SMA Negeri 1 Darul Makmur Nagan Raya, SMA Negeri 1 Sama Dua Aceh Selatan, SLBN Aneuk Nanggroe Lhokseumawe, SMA Negeri 2 Tapak Tuan, dan dan Cabang Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Besar dan Banda Aceh.(Nsa)