Sekda Aceh Tinjau Pembangunan Irigasi Sigulai di Simeulue


Sinabang – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah meninjau progres pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai di Kabupaten Simeulue, Jumat 10 September 2021. Bendung Daerah Irigasi Sigulai dibangun dengan nilai kontrak Rp.174,2 Milyar dan ditargetkan rampung akhir tahun 2022 mendatang.

Kunjungan Sekda Aceh ke lokasi ini dilakukan untuk memantau perkembangan dan memastikan kelancaran pembangunan.

Sekda Aceh dalam kunjungan itu didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi, Kepala Dinas Pengairan Aceh Ade Surya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif, Sekda Kabupaten Simeulue Ahmadlyah, serta sejumlah pejabat Pemkab setempat.

Pembangunan irigasi ini meliputi 1 unit bendung, saluran primer dan sekunder sepanjang 30,5 Km beserta bangunan pelengkapnya. Saat ini, pembangunan irigasi ini tengah dikerjakan meliputi sejumlah bagian, seperti penggalian areal bendungan, pemasangan batu dan plasteran pada saluran sekunder.

Kepala Dinas Pengairan Aceh Ade Surya menyebutkan, pembangunan irigasi ini merupakan bagian dari program infrastruktur Pemerintah Aceh dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan RPJM Pemerintah Aceh, pada akhir RPJM diharapkan persentase kondisi irigasi Aceh dalam kondisi baik mencapai 83,77%.

“Sejauh ini alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai rencana dan kita berharap akan selesai sesuai target nantinya, ujar Ade. []