Sekda Ingatkan Tetap Waspada Lawan Covid-19


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, mengingatkan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh agar tetap waspada dalam mencegah penyebaran Covid 19, dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) serta menyegerakan melaksanakan vaksinasi.

Hal tersebut disampaikan Sekda Aceh, usai mengikuti dzikir dan do’a rutin yang digelar setiap pagi bersama ASN di lingkup Pemerintah Aceh, di ruang Potensi Daerah Sekretariat Daerah Aceh, Selasa (7/9/2021).

“Semoga dengan kita berdoa kasus Covid semakin menurun dan kita bisa bekerja lebih maksimal, Namun kita tidak boleh lalai, tetap ingat Covid ingat masker, yang belum vaksin segera vaksin, yang sudah vaksin 1 segera lanjut vaksin 2,” kata Sekda dari Kabupaten Pidie.

Ia menegaskan, bahwa dalam setiap kegiatan usahakan agar tetap waspada dengan tidak berkerumun saling menjaga jarak, minimal setiap orang tidak bersentuhan bahu. “Belajar mengajar boleh, cuma untuk menjamin tidak menyentuh bahu itu yang sulit,” jelas Sekda.

Namun demikian, kata Taqwallah, patut disyukuri kasus covid-19 di Aceh saat ini sudah menunjukkan trend menurun. Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Aceh, kasus konfirmasi positif pada hari ini sebanyak 164 dan itu menjadi rekor terendah selama 1 bulan ini.

Asisten I Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH. M. Hum beserta, Staf Ahli Gubernur Aceh dan Kepala SKPA mengikuti zikir dan doa bersama memohon dijauhkan dari wabah dan bencana Covid-19 yang diikuti oleh seluruh ASN Pemerintah Aceh secara virtual, di Ruang Potensi Daerah, Banda Aceh, Selasa, (7/9/2021)

“Biasa kita berada pada angka di atas 300.
Laporan dari RSUDZA juga menunjukkan penurunan angka rawat, yang di rawat saat ini hanya 106, dan ini juga terendah dalam akhir-akhir ini,” ujar Sekda.

Maka itu, kewaspadaan harus tetap tinggi, dengan begitu, harap Taqwallah angka konfirmasi kasus Covid 19 di Aceh semakin tidak kembali naik dan terus membaik.

Selanjutnya Sekda menyapa beberapa peserta zikir dan do’a yakni UPTD DLHK III Langsa, kanto cabang Bank Aceh Syariah Kuala Simpang, Bank Mustaqim Blangkejeren, dan SMA N 1 Darul Imarah.

Kemudian dilanjutkan oleh Asisten 1 Sekda Aceh M Jafar dari ruang Potensi Daerah Sekretariat Daerah Aceh menyapa beberapa sekolah, SMA N Unggul Meuredu, SMA N 9 Aceh Barat Daya, SMA N Idi Rayeuk, SMA N 6 Takengon, dan SMK N 1 Al Mubarkeya.

Usai menyapa, para peserta zikir dan do’a Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, M Jafar menyampaikan, apresiasinya kepada sejumlah sekolah yang tertib melaksanakan protokol kesehatan, dan menginginkan agar sekolah lainya juga dapat memberlakukan hal tersebut di sekolah masing-masing.

Lebih lanjut, ia juga meminta agar para ASN dan seluruh pelajar Aceh untuk segara ikut vaksinasi, agar dapat segera membentuk kekebalan imun kelompok (herd immunity), sehingga upaya penanganan Covid-19 bisa lebih mudah dilakukan dan hidup bisa kembali normal. (Nsa)