Proses Belajar di Sekolah harus Sesuai Protokol Kesehatan


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh khususnya guru, agar dalam menjalankan proses belajar mengajar di sekolah, harus mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Yaitu tidak berkerumun serta menyegerakan untuk melakukan vaksinasi. Ia meyakini dengan penerapan tersebut, maka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 akan lebih efektif.

Hal itu disampaikan Sekda Aceh kepada seluruh ASN Pemerintah Aceh usai mengikuti rutinitas zikir dan doa keselamatan pandemi secara virtual, dari Kantor Gubernur Aceh, Selasa, (31/8/2021). “Dalam belajar nanti usahakan tidak menimbulkan kerumunan. Pakai masker dan segera lakukan vaksin. Jika ini bisa kita terapkan, Insya Allah kita akan dijauhkan dari virus corona. Jadi yang belum vaksin, segera vaksin ya,” kata Sekda Aceh.

Pada kesempatan itu, Taqwallah juga mengucapkan selamat kepada seluruh ASN yang memperoleh SK kenaikan pangkat di tahun 2021. Nantinya, penyerahan SK Kenaikan Pangkat dan SK Pensiun ASN se-Aceh, akan dilangsungkan di daerah masing-masing berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.

Ia menyebutkan, penyerahan SK tersebut akan dimulai besok (1/9/2021), di awali dengan penyerahan SK untuk PNS di lingkup Pemerintah Aceh, kemudian pada Kamis 2 September dilanjutkan dengan Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang dan Aceh Jaya, yang akan berlangsung di komplek Kantor Gubernur Aceh.

Sedangkan untuk daerah, kata Taqwallah, akan SK akan diantar dan diserahkan langsung ke seluruh kabupaten/kota lainnya yang dilaksanakan secara bergilir.

Taqwallah menuturkan, syarat bagi penerima SK adalah, para PNS yang bersangkutan harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19, minimal tahap pertama. Kemudian bagi PNS yang belum divaksin harus menunjukkan keterangan dokter yang menyebutkan yang bersangkutan memang tidak bisa divaksin dengan alasan medis tertentu.

Di kesempatan itu, Sekda juga menyapa secara virtual beberapa SMA, UPTD, SKPA dan Kantor Bank Aceh Syariah yang ada di kabupaten/kota. Dimana para ASN Pemerintah Aceh di sejumlah instansi tersebut juga rutin mengikuti zikir dan doa setiap pagi.

Seperti diketahui, zikir dan doa bersama Pemerintah Aceh telah dimulai sejak Kamis (15/7/2021) dan dilaksanakan setiap hari pada pukul 08.00- 08.30 WIB, sesaat sebelum aktivitas perkantoran dimulai. Kegiatan itu dipimpin langsung secara virtual dari aula Kantor Gubernur Aceh dengan diikuti langsung oleh Sekda Aceh, staf ahli gubernur, para asisten dan kepala biro.

Sementara ASN Pemerintah Aceh lainnya baik di SKPA, UPTD, Kacabdin, SMA dan Kantor Cabang Bank Aceh, mengikuti kegiatan tersebut serentak secara virtual.