Sekda Aceh: Jadikan Jabatan Baru Sebagai Sarana Menambah Pengalaman


Banda Aceh – Promosi dan pergeseran jabatan adalah hal yang biasa dalam dunia birokrasi. Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, mengimbau para pejabat eselon III dan IV yang baru dilantik, untuk memanfaatkan posisi baru saat ini sebagai sarana untuk menambah pengalaman kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda, saat memberikan pembekalan kepada pejabat eselon III dan IV di jajaran Pemerintah Aceh yang baru dilantik beberapa waktu lalu, pada ada acara presentasi buku kerja pejabat struktural Satuan Kerja Perangkat Aceh terpilih, di lingkungan Pemerintah Aceh. Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat itu di pusatkan di ruang rapat Sekda Aceh, Senin (30/8/2021).

“Promosi dan pergeseran posisi adalah hal lumrah. Jadikan hal tersebut sebagai sarana menambah pengalaman, sehingga mampu melakukan yang terbaik saat menghadapi tantangan kerja masa mendatang,” kata Taqwallah.

Hari ini, sebanyak 13 pejabat eselon III dan 61 pejabat eselon IV dari 17 SKPA memaparkan buku kerja, di hadapan Sekda dan para Kepala SKPA terkait.

“Jaga kepercayaan diri, yakinlah bahwa anda mendapat posisi baru karena anda dianggap mampu bertugas di jabatan itu,” ujar Sekda berpesan.

Meski sudah di tempat baru, Sekda berpesan kepada para pejabat, untuk tetap menyukseskan program pemerintah yang telah berjalan selama ini, seperti donor darah, vaksinasi covid-19, Gerakan Bersih, Rapi, Elok dan Hijau (BEREH).

“Kerja semaksimal mungkin meski dalam suasana covid-19. Tetap lanjutkan dan sukseskan sejumlah program dan gerakan yang selama ini dijalankan pemerintah, seperti Gerakan Bereh dan donor darah. Sementara itu, terkait Gerakan Anti Narkoba ASN Aceh atau Ganas, secara acak akan terus kita lakukan,” imbuh Taqwallah.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda kembali mengingatkan agar para pejabat yang baru dilantik untuk membangun kekompakan tim dengan para bawahan.

“Pimpinan harus memudahkan bawahan, buat bawahan bangga dengan pimpinannya. Bangun kedekatan dengan bawahan agar kekompakan dan kesolidan tim terbentuk, sehingga kerja-kerja dapat lebih mudah dilakukan,” kata Sekda.

Di sesi pertama presentasi buku kerja, Sekda didampingi oleh Kadis Pangan Cut Huzaimah dan Kepala Biro Organisasi Setda Aceh Daniel Arca.

Kepada para peserta presentasi buku kerja, Cut Huzaimah berpesan untuk selalu berlaku jujur dalam bekerja dan loyal kepada atasan. “Bekerjalah dengan jujur, loyal dan penuh kedisiplinan. Tunjukkan kinerja yang baik dan penuh rasa tanggungjawab.”

Di sesi kedua, Sekda Aceh didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Martunis, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Aceh Jalaluddin, Kepala Dinas Pertanahan Aceh Sunawardi, dan Kepala Biro Organisasi Setda Aceh Daniel Arca.