Vaksinasi, Sebuah Ikhtiar Melindungi Diri, Keluarga dan Lingkungan Sekitar


Banda Aceh – Pandemi covid-19 masih terus berlangsung. Selain terus mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan, kini pemerintah terus menggalakkan vaksinasi, Jum’at (20/8/2021).

Saat ini, Pemerintah fokus mengejar capaian vaksinasi di atas 70 persen dari total jumlah penduduk, agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat terbentuk dan ancaman covid-19 lebih mudah dikendalikan. Intinya, vaksinasi adalah sebuah ikhtiar atau upaya melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dari paparan dan imbas buruk covid-19.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Sarah Nabila Yasmin, usai menerima suntikan pertama vaksin moderna booster, di Banda Aceh Convention Hall. Perempuan lulusan Fakultas Ekonomi Unsyiah ini, akan melanjutkan studi Master of International Bussiness and Sustainability, pada salah satu universitas di Jerman.

“Mengikuti vaksinasi sangat penting, bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga orangtua dan saudara-saudara di sekitar kita. Jadi, kepada teman-teman yang belum divaksin, silahkan berkunjung ke Banda Aceh Convention Hall untuk mendapatkan vaksinasi secara gratis,” imbau perempuan yang menyelesaikan sarjana strata satu di Fakultas Ekonomi Unsyiah itu.

Hal senada disampaikan oleh Aulia Agung Maulana, pemuda kelahiran Banda Aceh ini, juga baru saja mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama moderna di BACH. Berbeda dengan Sarah, Aulia mendapatkan suntikan vaksin booster ini untuk tujuan bekerja di perusahaan OLX Grup, di Berlin, Jerman.

“Saya baru saja menerima suntikan vaksin pertama moderna di BACH ini. Terima kasih kepada para nakes dan vaksinator di sini. Kepada teman-teman yang belum divaksin mari berkunjung ke BACH, sebagai upaya melindungi keluarga dan orang-orang di sekitar kita,” kata Aulia.

 

dr Iman: Stok Vaksin, Cukup

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh dr Iman Murahman, selaku Koordinator Vaksinasi Massal Pemerintah Aceh menjelaskan, saat ini ketersediaan vaksin sudah cukup memadai. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Aceh baru saja menerima vaksin dari Pemerintah Pusat sebanyak 7 ribu vial.

“Kita baru terima sebanyak 7 ribu vial vaksin dari Pemerintah Pusat. Insya Allah, Senin nanti akan kita distribusikan ke kabupaten/kota. Kecukupan stok di daerah tentu sangat penting untuk menjawab tingginya animo masyarakat mengikuti vaksinasi. Oleh karena itu, setiap mendapat pasokan dari pusat, kita langsung distribusikan ke daerah,” kata dr Iman.

Iman menambahkan, dari 23 kabupaten/kota yang sudah distribusikan vaksin moderna dosis ketiga booster untuk tenaga kesehatan, sudah 17 kabupaten/kota yang sudah melaksanakan vakainasi.

“Sampai dengan saat ini, ada 3.777 nakes yang sudah divaksin, dari target kita 46 ribu. Insya Allah, target ini dapat kita capai karena vaksinasi booster bagi nakes masih terus berjalan di seluruh kabupaten/kota,” imbuh Iman.

Dalam kesempatan tersebut, Iman juga mengapresiasi tingginya animo masyarakat mengikuti vaksinasi covid-19, karena hal tersebut akan berimbas positif terhadap tujuan membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Alhamdulillah, dari target awal 8 juta dosis, saat ini kita telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1,1 juta dosis, dengan terbanyak 54,1% dari Target atau 102.923 jiwa sudah dosis-1 masyarakat di Kota Banda Aceh . Kami mengimbau masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksinasi, untuk mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan. Saat ini kita juga sudah mempersiapkan sebanyak 128 ribu dosis vaksin moderna, untuk 64 ribu masyarakat umur >18 tahun yang belum pernah menerima vaksin tahap pertama sebelumnya,” pungkas dr Iman.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, vaksinasi massal di BACH akan terus berlangsung hingga target herd immunity tercapai.

“BACH adalah tempat pelaksanaan vaksinasi yang akan terus ada dan buka setiap hari Senin – Jumat, kecuali ada hari libur nasional. Masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa langsung datang dan akan menerima suntikan vaksin covid-19 gratis,” ujar Iswanto.

Untuk diketahui bersama, vaksinasi massal di BACH di buka setiap hari mulai Senin – Jumat kecuali hari libur nasional lainnya. Vaksinasi dimulai sejak pukul 8.00 WIB hingga 12.00 WIB. Pasca istirahat siang vaksinasi akan dimulai lagi, dari pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB.