Sebanyak 62.320 Masyarakat Telah Disuntik Covid-19 Selama Pelaksanaan Vaksinasi Massal


Banda Aceh– Ketua Bidang Komunikasi Satgas Covid-19 Pemerintah Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan sebanyak 62.320 masyarakat Aceh telah disuntik vaksin covid-19 dalam pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Aceh di Gedung Banda Aceh Convention Hall.

“Alhamdulillah semangat masyarakat untuk memutus mata rantai covid-19 sangat tinggi. Sampai Jumat 20 Agustus hari ini, sebanyak 62.320 telah divaksin,” kata Iswanto dalam keterangannya.

Pelaksanaan vaksinasi Jumat hari ini, merupakan hari ke 44 vaksinasi massal tahap kedua. Pemerintah Aceh akan terus melaksanakan vaksinasi massal mengingat semangat masyarakat yang masih sangat tinggi. Namun pada hari Sabtu dan Minggu besok, vaksinasi sementara ditiadakan karena para vaksinator yang bertugas di Banda Aceh Convention Hall, akan disuntik dosis ketiga.

Iswanto melanjutkan, pada Jumat hari ini, sebanyak 676 masyarakat dan tenaga kesehatan yang disuntik. Ia merinci jika 165 orang disuntik vaksin dosis pertama dan 474 orang disuntik vaksin dosis kedua serta 37 tenaga kesehatan yang disuntik dosis ketiga. Sementara 7 orang lain merupakan mereka yang harus ditunda penyuntikan vaksin Covid-19 sementara waktu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh dr Iman Murahman, selaku Koordinator Vaksinasi Massal Pemerintah Aceh menjelaskan, saat ini ketersediaan vaksin sudah cukup memadai. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Aceh baru saja menerima vaksin dari Pemerintah Pusat sebanyak 7.580 vial.

“Kita baru terima sebanyak 7.580 vial vaksin dari Pemerintah Pusat. Insya Allah, Senin nanti akan kita distribusikan ke kabupaten/kota. Kecukupan stok di daerah tentu sangat penting untuk menjawab tingginya animo masyarakat mengikuti vaksinasi. Oleh karena itu, setiap mendapat pasokan dari pusat, kita langsung distribusikan ke daerah,” kata dr Iman.

Iman menambahkan, dari 23 kabupaten/kota yang sudah distribusikan vaksin moderna dosis ketiga booster untuk tenaga kesehatan, sudah 17 kabupaten/kota yang sudah melaksanakan vaksinasi.

“Sampai dengan saat ini, ada 3.777 nakes yang sudah divaksin, dari target kita 46 ribu. Insya Allah, target ini dapat kita capai karena vaksinasi booster bagi nakes masih terus berjalan di seluruh kabupaten/kota,” imbuh Iman.

Dalam kesempatan tersebut, Iman juga mengapresiasi tingginya animo masyarakat mengikuti vaksinasi covid-19, karena hal tersebut akan berimbas positif terhadap tujuan membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity dan menurunkan kasus COVID-19 di Aceh.

“Alhamdulillah, dari target awal 8 juta dosis, saat ini kita telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1,1 juta dosis, dengan terbanyak 54,1% dari Target atau 102.923 jiwa sudah dosis-1 masyarakat di Kota Banda Aceh. Kami mengimbau masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksinasi, untuk mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan.
Saat ini kita juga sudah mempersiapkan sebanyak 128 ribu dosis vaksin moderna, untuk 64 ribu masyarakat umur >18 tahun yang belum pernah menerima vaksin tahap pertama sebelumnya,” kata dr Iman.