Gubernur dan Forkopimda Aceh Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Bersama Presiden


BANDA ACEH – Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76. Selasa, 17 Agustus 2021.

Upacara berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, dan diikuti oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Ma’ruf Amin.

Selain itu juga hadir para menteri, Panglima TNI, Kapolri serta pejabat tinggi negara lainnya. Upacara yang digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19 itu juga disiarkan secara virtual dan diikuti oleh pejabat dari masing-masing provinsi.

Di Aceh, upacara Detik-Detik Proklamasi diikuti melalui siaran virtual dari Gedung Serbaguna Setda Aceh. Gubernur Nova pada kesempatan itu juga didampingi istrinya Dyah Erti Idawati.

Selain itu hadir Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haythar, Sekda Aceh Taqwallah, Forkopimda Aceh, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman serta Forkopimda Banda Aceh.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai pukul 10.00 WIB, dimana pasukan upacara terlihat memasuki lapangan upacara disertai Komandan Upacara.

Acara dilanjutkan Penghormatan Kebesaran dan laporan Komandan Upacara kepada Presiden.

Selanjutnya pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani diikuti dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Pusaka yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya pertunjukan flypass TNI Angkatan Udara.

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih yaitu Tim Indonesia Tangguh.

Pembawa bendera adalah Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara. Tiga lainnya yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S., didapuk menjadi Komandan Upacara, dan yang bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja, S.S.T.Han.

 

Gubernur Aceh Ucapkan Selamat HUT RI

Sementara itu Gubernur Nova usai mengikuti upacara, menyampaikan ucapan selamat HUT RI ke 76.

Gubernur berharap di usianya yang ke 76 Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju. Khusus untuk Aceh, Gubernur berharap dapat tumbuh menjadi daerah yang lebih hebat yang dia sebut sebagai “Aceh Hebat”.

“Selamat Ulang Tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga Indonesia bangkit dan bisa menjadi maju,” ujar Gubernur di hadapan sejumlah awak media.

Gubernur juga menyebutkan, peringatan HUT RI tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19. Ia menyatakan keprihatinannya terutama terkait kondisi pandemi di Aceh yang trendnya terus meningkat.

Untuk itu Gubernur berharap kepada seluruh masyarakat dan semua pihak di Aceh untuk taat mengikuti protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran virus tersebut.

Di sisi lain Gubernur juga menyampaikan harapannya agar perekonomian Aceh dapat bertahan di tengah situasi ini. “Mudah-mudahan dalam situasi ini kita tidak sampai berkontraksi lagi ekonominya, bisa bertahan,” ujar Gubernur.