Zikir dan Doa Keselamatan di Masa Pandemi Terus Bergema di Aceh


BANDA ACEH – Zikir dan doa bersama yang digelar Pemerintah Aceh sebagai ikhtiar spiritual melawan virus corona masih terus berlanjut. Doa bersama yang juga diikuti secara virtual itu dilakukan menyikapi tingginya lonjakan kasus kematian dan positif Covid-19 di tanah air.

Kegiatan yang telah dimulai sejak Kamis (15/7/2021) itu dilaksanakan setiap hari pada pukul 08.00- 08.30 WIB, sesaat sebelum aktivitas perkantoran dimulai.

Hari ini, Kamis 12 Agustus 2021, kegiatan tersebut tampak berlangsung khidmat dengan diikuti para Aparatur Sipil Negara di Sekretariat Daerah Aceh dan Satuan Kerja Perangkat Aceh. Selain itu, peserta zikir dan doa adalah para siswa dan guru SMK dan SMK di seluruh Aceh. Mereka tampak khusyuk mengikuti zikir secara daring dari sekolah masing-masing.

Seperti biasa, zikir dan doa itu dipimpin dari Gedung Sekretariat Daerah Aceh dengan diikuti langsung oleh Sekda Aceh Taqwallah dan para asisten.

 

Sapa Peserta Zikir dari Pulau Banyak Barat

Usai berlangsungnya zikir dan doa, Sekda Aceh Taqwallah menyapa para peserta zikir yang dipilih secara acak dari kabupaten kota. Peserta yang pertama disapa adalah para guru dan siswa dari SMA di Pulau Banyak Barat, Kabupaten Singkil.

Taqwallah mengapresiasi keikutsertaan para guru dan siswa dari daerah terpencil tersebut. “Semoga bapak ibu sehat selalu dan tetap semangat mengajar,” ujar Taqwallah.

Ia menjelaskan, kondisi terkini Pandemi COVID-19 di Indonesia kian mengkhawatirkan, dimana para angka meninggal dan tertular terus meningkat.

Karena itu Taqwallah mengajak semua pihak terus menerapkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi serta memanjatkan doa Keselamatan kepada Allah SWT.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto yang juga ikut serta dalam zikir dan doa tersebut menerangkan, Pemerintah Aceh meminta kepada setiap Kepala SKPA untuk mengawal aparaturnya untuk tertib dan disiplin mengikuti doa dan zikir setiap hari pada pukul 08.00 sampai 08.30 WIB pagi di kantornya masing-masing.

Selain itu, setiap SKPA yang memiliki UPTD dan aparatur di kabupaten/kota agar juga dipastikan mengikuti kegiatan zikir dan doa tersebut secara virtual dan serentak pada jam yang telah ditentukan.