Kolaborasi Penting Bagi Seluruh Komponen Pemerintahan


Banda Aceh— Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, kolaborasi menjadi keniscayaan bagi seluruh komponen pemerintahan baik di daerah maupun pusat dan berbagai instansi vertikal yang ada . Hal tersebut penting agar seluruh kinerja berjalan dengan baik dan membawa dampak baik bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat menerima kunjungan silaturrahmi Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) RI Wilayah Aceh, di Rumah Dinasnya, Selasa, (10/8/2021).

Pernyataan tersebut, disampaikan gubernur menanggapi permintaan Kepala BBPOM Aceh
agar diberikan hibah lahan untuk pembangunan dan perluasan kantor pihaknya. Menurutnya, lahan yang ada saat ini tidak bisa dilakukan pengembangan pembangunan. Sementara banyak fasilitas lainnya yang perlu dibangun lagi.

Gubernur mengatakan, pihaknya siap mendukung permintaan BBPOM wilayah Aceh itu. Pihaknya melalui instansi terkait akan menginventarisir terlebih dahulu aset yang tersedia. Sehingga kinerja BBPOM di Aceh tetap lancar dan lebih meningkat.

Menurut gubernur Nova, pengawasan terhadap produksi obat-obatan dan makanan amat penting dilakukan. Sehingga mutu produk yang dikonsumsi masyarakat tidak bermasalah.

“BBPOM bermanfaat bagi masyarakat Aceh. Apapun yang bisa kita sinergikan akan kita tindaklanjuti,” kata Nova.

Sebelumnya, Kepala BBPOM Aceh, Abdul Rahim, mengatakan, pihaknya selama ini membangun kinerja yang baik dengan Dinas Kesehatan Aceh agar produk obat dan makanan di Aceh dalam keadaan bermutu dan layak. Sebelum produk tersebut diedarkan, pihaknya terlebih dulu menguji dan memeriksanya untuk memastikan terpenuhi persyaratan layak ataupun tidak.

Lebih lanjut, Abdul berharap dukungan Gubernur Aceh terhadap kerja mereka di wilayah paling ujung Sumatera. Pihaknya juga meminta hibah lahan agar dapat menambah fasilitas kerja, utamanya kebutuhan pengembangan kantor.