Dinas ESDM Sumbang 36 Kantong Darah


BANDA ACEH – Para pegawai Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh berhasil menyumbang 36 kantong darah dalam aksi donor darah rutin Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Aceh, Rabu 28 Juli 2021.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, dalam keterangan yang disampaikan Rabu sore menyebutkan, 36 kantong darah tersebut berhasil dikumpulkan dari aksi donor massal ASN ESDM yang berlangsung di halaman dinas tersebut.

“Alhamdulillah Dinas ESDM hari ini menyumbang 36 kantong darah,” ujar Qamaruzzaman.

Ia mengaku, sejak program donor darah rutin digagas Pemerintah Aceh tahun lalu, PMI sangat terbantu dalam penyediaan stock darah untuk kepentingan medis.

Darah yang terkumpul di PMI Kota Banda Aceh itu, kata Qamaruzzaman, digunakan untuk kepentingan medis di wilayah Banda Aceh dan beberapa wilayah lainnya yang berdekatan dengan Banda Aceh.

Qamaruzzaman mencatat, sejak digagas pada Mei hingga Desember 2020 lalu, aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh dan personil TNI sudah mampu memenuhi hingga 70 persen kebutuhan darah di Bumi Serambi Mekah. Angka itu belum lagi ditambah dengan donor darah yang dilakukan individu masyarakat.

Sejak digagas dulu, aksi donor darah ini juga telah menjadi agenda rutin dan masuk ke dalam kalender kegiatan setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh. Setiap giliran donor tiba sesuai kalender, petugas PMI akan berkunjung ke SKPA untuk memfasilitasi aksi donor darah.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menerangkan, aksi donor darah rutin ASN itu terus dimaksimalkan selama pandemi COVID-19, guna memastikan tercukupinya kebutuhan darah untuk dunia medis. Hal itu lantaran kebutuhan darah di masa pandemi ini disebut juga mengalami kenaikan.

Untuk itu, lanjut Iswanto, Pemerintah Aceh juga mengajak pemerintah Kabupaten dan Kota untuk ikut melakukan hal yang sama di daerah masing-masing.

“Pemerintah Aceh mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk juga menerapkan disiplin donor darah guna membantu masyarakat, seperti pasien thalasemia yang rutin membutuhkan darah dan masyarakat lainnya,” kata Iswanto.

Iswanto melanjutkan, Pemerintah Aceh juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para ASN yang selama ini telah menyumbangkan darah mereka.

“Alhamdulillah, pemerintah menyampaikan terima kasih kepada teman-teman ASN. Dan kita bersyukur juga sejak program ini diluncurkan oleh Gubernur Aceh, banyak ASN yang telah menjadi pendonor rutin.”