Sekda Aceh Pantau Aksi Donor Darah Pegawai BPSDM


BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah memantau proses donor darah yang dilakukan para pegawai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh di halaman kantor tersebut, Selasa 27 Juli 2021.

Dalam kunjungan itu sekda didampingi Kepala BPSDM Syaridin, Kepala Biro Umum Setda Aceh Akmil Husen serta Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni.

Di lokasi itu Sekda meninjau proses donor darah yang dilakukan di dalam mobil operasional PMI, yang dioperasikan di halaman Kantor BPSDM.
Sekda juga menyapa para petugas dan pendonor di sejumlah meja pendaftaran di lokasi itu. Kepada para pendonor Sekda menyampaikan agar terus menjaga kesehatan dan melakukan donor rutin.

“Alangkah baiknya kalau kita juga mampu mengajak orang-orang terdekat untuk ikut mendonorkan darah,” kata Sekda.

Sementara itu Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni dalam penjelasannya menyebutkan,total darah yang terkumpul dari aksi donor pegawai BPSDM berjumlah 22 kantong.

“Alhamdulillah hari ini di BPSDM terkumpul 22 kantong darah. 20 diantaranya didapatkan di lokasi donor sedangkan dua pegawai lainnya datang ke PMI untuk melakukan donor di sana,” ujar Qamaruzzaman.

Aksi donor darah itu merupakan agenda rutin ASN Pemerintah Aceh yang digagas Gubernur Aceh Nova Iriansyah awal Mei 2020.
Hal itu dilakukan lantaran seringnya terjadi kekosongan stok darah di rumah sakit di Aceh.

Data PMI mencatat, sejak digagas pada Mei hingga Desember 2020 lalu, aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh dan personil TNI sudah mampu memenuhi 70 persen kebutuhan darah di Bumi Serambi Mekah. Angka itu belum lagi ditambah dengan donor darah yang dilakukan individu masyarakat.

Sejak digagas dulu, aksi donor darah ini telah menjadi agenda rutin dan masuk ke dalam kalender kegiatan setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh. Setiap giliran donor tiba sesuai kalender, petugas PMI akan berkunjung ke SKPA untuk memfasilitasi donor darah.