Jumlah Vaksinasi Massal Hari Ini Catat Angka Tertinggi, Capai 1.610 Orang


BANDA ACEH – Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, Senin (05/07/2021) mengatakan, jumlah orang yang divaksin pada vaksinasi massal hari ini kerja pertama pekan ini (Senin), tercatat sebagai vaksinasi dengan jumlah peserta terbanyak. “Hari ini mencapai 1.610 orang. Tertinggi sejak pelaksanaan vaksinasi massal,” kata Iswanto dalam keterangannya di Banda Aceh.

Jumlah itu lanjut Iswanto, melebihi jumlah saat Hari Ulang Tahun Bhayangkara tanggal 26 Juni lalu, di mana saat itu tercatat sebanyak 1.429 orang divaksin. Sementara saat kegiatan vaksinasi dimulai bulan lalu, target harian hanya 300 orang. Capaian angka vaksinasi harian yang jauh melampaui target itu, membuktikan jika antusiasme vaksinasi di tengah masyarakat, sangat tinggi.

Atas capaian itu, Iswanto memberikan apresiasi kepada para vaksinator yang telah meluangkan waktu ekstra memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. “Berkat kerja keras para vaksinator, Insya Allah masyarakat Aceh bisa terlayani dengan baik. Mereka bekerja tanpa lelah, bahkan di hari libur sekalipun,” kata Iswanto.

Mereka lanjut Iswanto, telah menunjukkan dedikasi tinggi untuk menjaga rakyat Aceh sehingga tidak tertular virus covid-19.

Iswanto menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi massal pemerintah Aceh yang telah berjalan hingga tahap 2 ini didukung penuh oleh para vaksinator dari RSUDZA, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Rumah Sakit Jiwa Aceh, Rumah Sakit Kodam Iskandar Muda dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan, dengan bertambahnya 1.610 masyarakat yang disuntik dalam vaksinasi massal pada hari Senin 5 Juli 2021, maka sampai hari ini sebanyak 18.031 masyarakat telah disuntik dalam dua tahap pelaksanaan vaksinasi massal.

Dr. Iman merinci, mereka yang divaksin pada hari ini terdiri atas, 664 orang disuntik vaksin dosis 1, dan 946 orang disuntik vaksin dosis 2. Sementara 75 lainnya disuntik vaksin tahap pertama, bagi mereka yang tertunda suntik pada screening beberapa waktu lalu.

Dr. Iman mengatakan, antusiasme masyarakat disuntik vaksin masih sangat tinggi. Hal itu menandai bahwa masyarakat percaya salah satu ikhtiar menghilangkan covid adalah dengan cara vaksinasi. Mereka atau masyarakat yakin sepenuhnya vaksin yang digunakan aman dan halal.