Kasus Harian Covid-19 Turun, Pasien Sembuh Tambah Enam Orang


Banda Aceh—Kasus harian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh turun dari 42 kasus kemarin menjadi 28 kasus positif baru. Sementara itu, pasien yang dilaporkan sudah sembuh bertambah lagi sebanyak enam orang, dan satu orang meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani dalam rilis yang disampaikan secara rutin kepada awak media massa di Banda Aceh, Jumat (9/4/2021).

“Kasus harian trennya tidak konstan naik atau turun, melainkan terus berfluktuasi selama Pandemi Covid-19,” tutur pria yang intim disapa SAG itu.

Ia menjelaskan, 28 kasus positif baru berdasarkan pemeriksaan swab dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), yakni warga Kabupaten Pidie sebanyak 11 orang, Aceh Besar sebanyak lima orang.

Kemudian warga Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Banda Aceh, sama-sama empat orang. Selanjutnya warga Aceh Tenggara dan Aceh Utara, masing-masing satu orang. Sedangkan dua orang lagi merupakan warga dari luar daerah.

Sementara itu, sebanyak enam orang yang dirawat karena positif terinfeksi virus corona dilaporkan sudah sembuh, masing-masing warga Kota Lhokseumawe sebanyak lima orang, dan satu orang lagi merupakan warga Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kita doakan yang sedang dirawat segera sembuh dan yang sudah pernah dirawat dan sembuh dari Covid-19 dapat berbagi informasi kepada warga yang lain. Para penyintas Covid-19 itu merupakan ‘guru’ yang paling efektif bagi masyarakat di sekitarnya,” ujar SAG.

Kasus Covid-19

Selanjutnya, seperti biasa, SAG melaporkan kondisi terakhir Pandemi Covid-19 di Aceh, per tanggal 9 April 2021. Secara akumulatif, kasus Covid-19 di Aceh sudah tercatat sebanyak 10.055 kasus/orang. Para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 8.137 orang. Pasien dirawat sebanyak 1.519 orang, dan kasus meninggal dunia sebanyak 399 orang.

“Ada penambahan satu kasus meninggal dunia, yakni warga Aceh Besar,” tambahnya.

Selanjutnya ia melaporkan kasus probable yang secara akumulatif sebanyak 688 orang, yang meliputi 615 orang sudah selesai isolasi, 15 orang sedang isolasi di rumah sakit, dan 58 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19, urai SAG.

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif tercatat sebanyak 7.117 orang. Suspek yang telah melakukan isolasi sebanyak 7.015 orang, sedang isolasi di rumah sebanyak 65 orang, dan sebanyak 37 orang sedang menjalani isolasi di rumah sakit, tutup SAG.