Gubernur Aceh Lepas Rombongan Gerakan Masker Sekolah Tahap II


BANDA ACEH, kitanews.id – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, bersama pimpinan Forkopimda Aceh melepaskan rombongan Gerakan Masker Sekolah (Gemas) tahap 2 untuk mensosialisasikan kesadaran memakai masker di sekeloah ke 23 kabupaten/kota di Aceh. Acara pelepasan di pelataran Kantor Gubernur Aceh, Rabu, (20/1/2021) sore.

Rombongan diharap dapat memberi penyadaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di setiap sekolah di Aceh yang sudah mulai memberlakukan belajar secara tatap muka.

Gubernur Nova menjelaskan pada sambutannya mengatakan, Gerakan Masker Sekolah atau GEMAS bertujuan untuk memutus mata rantai penularan virus corona di lingkungan sekolah.

Nova menyebut, Gemas tahap pertama telah berhasil dilaksanakan dan pihaknya pun kembali menggagas Gemas tahap kedua dengan membagikan sebanyak 622.827 lembar masker kepada 4.181 Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah ( MI), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Seluruh Aceh.

“Perlu saya tekankan bahwa, gerakan ini bukan semata-mata membagikan masker tetapi juga membekali anak-anak dengan pengetahuan tentang cara penularan dan pencegahan virus corona,” kata Nova.

Pada Gemas tahap pertama, Pemerintah Aceh mendistribusikan masker sebanyak 1.081.174 lembar untuk 6,7 ribu sekolah dengan melibatkan 117 ribu lebih guru.

Prosesi pelepasan rombongan Gemas 2 itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3 M).

Hadir pada acara pelepasan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Alhaytar, Wakil Ketua DPRA Hendra Budian, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs Raden Purwadi, Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Aceh, Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh dan Kepala SKPA serta Kepala Biro di lingkungan Setda Aceh.[]