Harimau Terjebak Dalam Kandang Ayam di Tapaktuan


TAPAKTUAN, kitanews.id – Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terperangkap dalam kandang ayam milik seorang warga di Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Jum’at (15/1/2021).

Terjebaknya harimau malang diketahui, setelah Warga Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, mendengar suara auman binatang buas itu didekat rumahnya sekitar pukul 02.40 WIB.

Penasaran dengan suara auman tersebut, Arianto mengikuti asal suara. Dia mendapati seekor harimau sedang terjebak dalam kandang ayam miliknya yang terletak sekitar 5 meter dari rumahnya. Ia pun menghubungi kerabatnya terkait kejadiaan itu.

Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan Cut Syazalisma, menjelaskan setibanya di lokasi tim langsung melihat Harimau tersebut sudah berhasil keluar dari kandang ayam.

“Untuk menghindari Keresahan masyarakat pagi ini akan kita lakukan pengusiran dengan menggunakan mercon agar harimau tersebut menjauh dari pemukiman masyarakat,” kata Cut Syazalisma kepada wartawan, Jum’at.

Ia juga menghimbau agar masyarakat yang berada di wilayah perbatasan langsung dengan pegunungan agar lebih mewaspadai ancaman Harimau dan hewan buas lainnya. Selain itu, kata dia masyarakat juga dihimbau untuk memasang penerangan di area perkarangan rumah masing-masing.

“Kami juga minta masyarakat menginformasikan kepada Pusdalops BPBD Aceh Selatan jika terjadi hal serupa,” tutupnya.[]