Masih Ada Daerah Sulit Dijangkau, Pemerintah Aceh Beli Pesawat N-219


BANDA ACEH, kitanews.id – Pemerintah Aceh akan membeli pesawat N-219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Pesawat tersebut diharap dapat memenuhi kebutuhan transportasi daerah kepulauan di Tanah Rencong.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, dalam keterangan tertulis, Selasa 29 Desember 2020. Taqwa menyebut Aceh membeli sarana transportasi udara produk lokal itu karena sangat menghargai karya cipta anak bangsa. Aceh menjadi provinsi pertama di Indonesia yang membeli pesawat N-219.

“Karena masih ada daerah yang sulit dijangkau, seperti di pulau-pulau, sehingga mempermudah hubungan lebih baik di Aceh,” katanya

Model pesawat N-219 telah diterima oleh Taqwallah mewakili Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Penyerahan model pesawat N-219 kepada pemerintah Aceh itu terkait framework agreement rencana pembelian pesawat N-219, yang ditandatangani Gubernur Irwandi Yusuf di sela-sela Singapore Airshow, pada 7 Februari 2018 lalu.

Selanjutnya, framework agreement diperbaharui dan ditandatangani Plt Gubernur Nova Iriansyah bersama PT DI di Bandung pada 9 Desember 2019.

PT DI dapat menyerahkan model N-219 kepada Pemerintah Aceh setelah menerima type certificate pesawat berkapasitas 19 tempat duduk dari Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan pada 27 Desember 2020.

Pesawat N219 yang diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo adalah buatan lokal, hasil kolaborasi antara PT Dirgantara Indonesia dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional. (red/viva)