Sabtu, Ada Webinar Daya Saing Masuk Perguruan Tinggi di Aceh


Banda Aceh – Yayasan Pionir Nusantara yang bergerak dibidang pendidikan berkerjasama dengan Yayasan Beudoh Gampong akan menggelar webinar terkait upaya peningkatan daya saing lulusan pendidikan menengah di Aceh memasuki perguruan tinggi, Sabtu (28/11/2020, pukul 09:00 sampai 11:30.

Webinar tersebut akan melibatkan para pengambil kebijakan di lingkungan Pemerintah Aceh, Praktisi Pendidikan, Akdemisi, Guru, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Pemerhati Pendidikan, Mahasiswa, orang tua dan masyarakat. Juga terbuka untuk peserta umum yang berminat.

Pembina Yayasan Pionir Anas M Adam melalui rilisnya mengatakan, webinar dilakukan untuk mencari solusi pendidikan di Aceh mengingat secara keseluruhan mutu dan daya saing lulusan pendidikan menengah masih belum menggembirakan. Terlihat dari indikator rendahnya prosentase yang mampu lulus dalam UTBK di Universitas Syiah Kuala dan perguruan tinggi ternama lainnya di tanah air.

Di samping itu–katanya–capaian hasil Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam UTBK SBMPTN Tahun 2020 posisi Aceh berada pada urutan paling bawah secara nasional, ini adalah indikasi mutu dan daya saing pendidikan Aceh masih lemah.

“Webinar dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi aktual daya saing lulusan Pendidikan Menengah Aceh memasuki Perguruan Tinggi dan menghimpun saran dan masukan sebagai pertimbangan upaya peningkatan daya saing lulusan Pendidikan Menengah Aceh menuju perguruan tinggi,” kata M. Anas Adam, Kamis (26/11)

Pemateri menghadirkan Prof. Dr. Ir. Teuku Abdullah Sanny, M.Eng (Institut Teknologi Bandung), Prof. Dr. Ir. Marwan (Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala), Rachmad Fitri HD, S.IP. M.Si, (Kepala Dinas Pendidikan Aceh), Dr. Anas M. Adam, M.Pd (Ketua Pembina Yayasan Pionir Nusantara), dan Jamaluddin, S.Pd., M.Pd (Kepala Sekolah Menengah Atas Modal Bangsa).

Moderator Webinar ini Drs. Irhamuddin. Akan dibuka oleh Ketua Majelis Pendidikan Aceh Prof. Dr. Abdi A. Wahab M.Sc Majelis Pendidikan Aceh.[]