Pidie Tampail Sebagai Juara Umum Kejurda Panahan Provinsi Aceh


Banda Aceh – Kontingen Pidie berhasil meraih juara umum kejuaraan daerah panahan di Provinsi Aceh setelah menyabet 16 medali emas, tujuh perak, dan enam perunggu.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Aceh Nyak Amir di Banda Aceh, Senin, menjelaskan, kejuaraan daerah tersebut diikuti 170 atlet panahan dari 20 kabupaten kota di Aceh.

“Kejuaraan daerah yang merupakan program kerja Perpani Aceh ini berakhir 22 November lalu. Kejuaraan daerah ini berlangsung sukses dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Nyak Amir.

Peringkat kedua diraih Kota Sabang dengan perolehan medali lima emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Serta Banda Aceh dengan empat emas, empat perak, dan dua perunggu

Sementara peringkat ketiga diraih Bireuen dengan menyabet tiga emas, tiga perak, dan empat perunggu, peringkat keempat diraih Aceh Jaya dengan tiga emas dan satu perunggu.

Kejuaraan daerah panahan tersebut melombakan empat divisi, yakni divisi nasional atau standar barebow, divisi fita recurve, divisi fita compound, divisi barebow, baik kategori perorangan maupun beregu.

Nyak Amir mengatakan kejuaraan daerah tersebut sebagai ajang seleksi dan evaluasi pembinaan olahraga panahan di Aceh. Serta ajang uji coba atlet panahan yang dipersiapkan ke PON 2021 di Provinsi Papua.

“Hasil kejuaraan daerah ini menjadi data untuk pembinaan atlet yang akan dikirim ke berbagai kejuaraan tingkat regional maupun nasional,” kata Nyak Amir yang juga Sekretaris Jenderal PB Perpani itu.[antara]