Program Ketahanan Pangan, Tgk. H Sarkawi Serahkan Bantuan Bibit Jagung Hibrida


Bener Meriah – Bupati Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Tgk. H. Sarkawi menyerahkan bantuan secara simbolis bibit jagung hibrida kepada kelompok tani Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Rabu (18/11/2020). Bantuan tersebut merupakan salah satu kegiatan dari program ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Syiah Utama.

Bupati Sarkawi dalam sambutannya mengatakan, bantuan tersebut dapat memotivasi masyarakat. “Kita mendorong bagaimana petani mampu untuk memanfaatkan lahan-lahan yang kosong supaya bisa meningkatkan kualitas pertanian kita. Kampung Tembolon ini merupakan wilayah yang memiliki lahan luas dan cocok untuk penanaman jagung, kentang, pisang serta sumber air yang memadai untuk pembudidayaan ikan lele,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengungkapkan harapannya agar para kelompok tani yang ada di Tembolon dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Sementara itu Kadis Pertanian Nurisman, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan tersebut bagian lanjutan program ketahanan pangan. “Ada beberapa program yang telah tercapai. Semoga apa yang dilakukan hari ini terus berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan petani khususnya di Kampung Tembolon,” kata dia.

Khairudin, selaku Koordinator Balai Penyuluhan Samar Kilang merincikan bahwa, bantuan bibit jagung di Kecamatan Syiah Utama untuk 70 hektare, lengkap dengan saprodi. Selain bibit jagung, juga diterima bantuan benih sayuran untuk kelompok tani wanita.

“Bibit ini diberikan kepada kelompok tani yang ingin menanam. Bagi anggota kelompok tani yang tidak menanam jagung akan diberikan kepada petani lain yang ingin menanam walaupun bukan termasuk ke dalam kelompok tani,” terang dia.

Pada akhir acara, bupati serta rombongan ikut melakukan penanaman jagung bersama kelompok tani serta Masyakat Tembolon. Turut serta pada kegiatan tersebut, di antaranya Dandim 0119 Bener Meriah, Wakapolres Bener Meriah, Wakil Ketua MPU Bener Meriah, Wakil Ketua 1 DPRK Bener Meriah, Kadis Pertanian, Kadis Syariat Islam, BKPP, Balai Penyuluh Pertanian Samar Kilang, dan Reje Kampung Tembolon.[]