Bank Gala Mulai Beroperasi, Ini Syarat Pengajuan Pinjaman oleh Petani


Aceh Barat Daya – Bank Gala dinyatakan mulai beroperasi. Program Bank Gala merupakan salah satu visi misi Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim SH untuk membantu masyarakat petani miskin yang terlilit gala (gadai) atas lahan sawah miliknya.

Dikarenakan tidak mampu menebus kembali sawahnya, akibat persoalan ekonomi banyak petani miskin di Abdya tidak dapat mengambil hasil dari sawahnya karena sudah dikuasai pihak lain.

“Alhamdulillah, Bank Gala sudah mulai berjalan, kepada masyarakat miskin yang tersangkut gala (gadai) sehingga tidak dapat mengelola sawahnya selama ini silahkan datang ke Bank Gala di komplek Mesjid Agung Baitul Ghafur Seunaloh,” tulis Akmal Ibrahim pada akun Facebook pribadinya, Selasa (17/11/2020).

Akmal, mengatakan Bank Gala dijadwalkan akan dilaunching pada bulan Desember 2020, sekaligus dilakukannya penyaluran dana untuk nasabah.

“InsyaAllah launching akan kita laksanakan di bulan Desember sekaligus dengan penyaluran dana kepada nasabah penerima,” ujar dia.

Tahun 2020, tambah Akmal, besaran jumlah plafon pembiayaan yang diberikan kepada nasabah maksimal Rp 10 juta.

“Besaran dana yang dapat diberikan untuk tahap awal maksimal Rp 10 juta. Dana pembiayaan awal memang kecil, karena kita fokus kepada masyarakat petani miskin dulu,” papar Akmal.

Ia juga menjelaskan, untuk dapat mengambil pinjaman ke Bank Gala ialah masyarakat petani yang memiliki KTP Abdya, dan melengkapi beberapa persyaratan.

“Harus petani miskin yang berdomisili di Abdya dengan dibuktikan dengan KTP asli,” imbuhnya.

Kata Bupati Abdya itu, jadwal pelayanan Bank Gala beroperasi mulai Senin – Jum’at, mulai jam 09:00 – 15:30 WIB.

“Semoga dengan kehadiran Bank Gala dapat memberi solusi kepada petani miskin Abdya,” tutup Akmal Ibrahim.

Persyaratan Pinjaman Bank Gala

Adapun persyaratan untuk mengambil pinjaman ke Bank, antara lain :
1. Foto Copy KTP;
4. Poto Copy KK;
3. Surat keterangan Menggarap Lahan Sawah dari Keujrun Blang;
4. Bukti kepemilikan sawah;
5. Surat Keterangan Miskin dari Keuchik;
6. Pas Photo 4×6 sebanyak 2 lembar;