Kasus Konfirmasi Baru Bertambah 49 Orang dari Zona Oranye


Banda Aceh—Kasus konfirmasi baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi sebanyak 49 orang dan menyebar di 15 kabupaten dan kota, zona oranye. Penderita Covid-19 yang sembuh bertambah 8 orang dan korban meninggal dunia bertambah 2 orang lagi.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG kepada awak media saat melaporkan dinamika kasus harian Covid-19, di Banda Aceh, Minggu, 15-11-2020.

“Kasus-kasus konfirmasi positif baru tersebut berdasarkan uji swab suspect dengan real time polymerase chain reaction atau RT-PCR, yang hasilnya diperoleh hari ini,” tuturnya.

SAG mengatakan, tidak ada kasus konfirmasi baru dari zona kuning yakni Aceh Barat Daya, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara. Semuanya berasal di zona oranye dengan tingkat risiko penularan Covid-19 sedang. Hal ini sejatinya menjadi perhatian semua pihak untuk meningkatkan perilaku sosial sesuai protokol kesehatan, ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 20 kabupaten dan kota di Aceh merupakan zona oranye Covid-19 berdasarkan Peta Zona Risiko dari Satgas Covid-19 Nasional, kecuali Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, dan Aceh Timur, yang merupakan zona kuning.

SAG menjelaskan, 49 baru Covid-19 tersebut meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 7 orang, Aceh Tengah 6 orang, Gayo Lues 5 orang, Aceh Barat, Pidie, dan Pidie Jaya, sama-sama 4 orang.

Kemudian, warga Aceh Utara sebanyak 3 orang, Aceh Selatan, Aceh Besar, Bireuen, Nagan Raya, Aceh Tamiang, dan Lhokseumawe, masing-masing 2 orang. Selanjutnya warga Aceh Singkil dan Bener Meriah sama-sama 1 orang. Sisanya 2 lagi warga luar daerah, rincinya.

Ia juga merinci penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh dalam 24 jam terakhir, sebanyak 8 orang, meliputi warga Kabupaten Aceh Barat sebanyak 4 orang, Aceh Tamiang 3 orang, 1 orang lainnya merupakan warga Aceh Timur.

“Alhamdulillah, angka kesembuhan Aceh juga bertambah terus setiap hari dan mari terus berikhtiar yang disertai doa agar yang sedang isolasi dan dirawat segera sembuh,” ajaknya.