Cara Pustakawan Durian Rampak Tumbuhkan Minat Baca Remaja


Aceh Barat Daya – Sebagai salah satu upaya menumbuhkan budaya dan minat baca remaja, Perpustakaan Salju Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), memberikan hadiah bagi remaja atau siswa-siswi gampong setempat.

Pustakawan Gampong Durian Rampak, Sarta Defi Zulfira, mengatakan pemberian hadiah tersebut dilakukan sehubungan dengan usainya kegiatan Lomba Bercerita Kisah Rasulullah SAW tingkat SD, SLTP dan SLTA yang digelar dua pekan lalu bersama Komunitas Perpustakaan Keliling Sigupai Mambaco yang beralamat di Gampong Gadang, Kemukiman Rawa Susoh.

“Kegiatan lomba ini sebelumnya dilakukan secara digital dengan mengupload video rekaman karya peserta, berpidato menceritakan kisah-kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW kedalam akun Instagram milik Sigupai Mambaco,” kata Defi, Sabtu (14/11/2020).

Bahkan, tambah Defi pemenang lomba bercerita kisah Rasulullah SAW itu pun sudah diumumkan pada beberapa hari yang lalu, dari total jumlah 23 peserta sebanyak 21 orang ialah anak-anak remaja dari gampong Durian Rampak.

Meskipun sebelumnya hanya muncul tiga pemenang, namun kata Defi, semua peserta juga diberikan hadiah. Hadiah berupa buku berasal dari sponsor Sigupai Mambaco, sedangkan sertifikat dan amplop berisi uang tunai se ala kadarnya diperoleh dari pemerintah gampong.

“Hadiah diberikan kepada semua peserta sebagai upaya menumbuhkan semangat dan memotivasi para pelajar agar terus berkunjung ke perpustakaan Salju untuk membaca,” tuturnya.

Selain itu, kata Defi, yang paling penting adalah manfaat yang diperoleh setelah mengikuti lomba tersebut, remaja selaku insan generasi muda dapat mengenang kisah-kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umat Islam.

Kesempatan itu ia juga menghaturkan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah memberi dukungan terhadap perpustakaan Salju.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pak Keuchik, perangkat gampong, dan komunitas Sigupai Mambaco atas dukungan, dan kerjasamanya, semoga pustaka Salju Durian Rampak semakin berkembang dan maju,” ucap Defi.

Sementara itu, Sekdes Durian Rampak Riyan Andika SPd, memberikan apresiasi atas prestasi dan kinerja pihak perpustakaan Salju.

“Saya mewakili Pemerintah Gampong mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pihak pustakawan gampong, terutama sekali telah menghidupkan kembali pustaka desa, kemudian mengajak anak-anak remaja untuk membaca dan berkarya melalui berbagai rangkaian kegiatan lomba,” pungkas Riyan singkat. (sal)