Saka Kencana di Aceh Perdana Dikukuhkan di Kota Subulussalam


Subulussalam – Saka Kencana sebagai wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat perdana di Aceh telah dikukuhkan di Kota Subulussalam.

Hal tersebut dikatakaan Kepala BKKBN Aceh Drs. Sahidal Kastri, M. Pd pada saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPC IpeKB (Ikatan Penyuluhan Keluarga Berencana) dan Pelantikan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka Kencana Kota Subulussalam, bertempat di Aula Serbaguna Pendopo Wali Kota, kamis (12/11/2020).

Dikatakannya secara resmi pengurus DPC IPeKB perode 2020-2024  telah eksis di Kota Subulussalam begitupun dengan Saka Kencana, pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa gerakan pramuka Saka Kencana pembinaannya berada dibawah Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Dalam saka kencana ada 4 krida ; pertama Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB dan KR)

Kedua, Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS dan PK), ketiga, Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (Advokasi dan KIE), dan keempat Krida Bina Peran Serta Masyarakat (PSM).

Dan untuk pengurus DPC IPeKB ia berpesan agar mampu menguasai kompetensi manajerial, kompetensi sosial dan  kompetensi teknis, ucapnya.

Wali Kota Subulussalam H. Affan Alfian dalam sambutannya menyebutkan saka kencana adalah sebuah pengabdian yang mengemban tugas mulia.

Ini yang diharapkan terus menjadi lokomotif untuk melakukan gerakan di program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dengan mengedepankan prinsip dasa dharma pramuka.

Diharapkan saka kencana ini nantinya mampu membina anggota gerakan pramuka agar menjadi kader program bangga kencana di lingkungan masing-masing, menjadi motivator di antara sesamanya.

Serta mendorong untuk menjauhi perilaku negatif, di samping itu juga melalui saka ini angka stunting bisa ditekan.

Demikian juga peran penyuluh KB harus mampu memberikan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam berkeluarga, imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota  menegaskan kepada lintas sektor mulai tingkat SKPK,  Camat, sampai Kepala Desa agar mendukung penuh program kampung KB.

Adapun Pengurus Saka Kencana Kota Subulussalam Masa Bakti 2020 – 2024 sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kota Subulussalam (DP3AKB), dan Ketua Sakanya adalah Muhammad Prana Astaman, SH, sementara pengurus DPC IPeKB Kota Subulussalam Periode 2020 – 2024 diketuai Fauzul Rozi S.Sos.I.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain  Wakil Wali Kota Subulussalam selaku Ketua Kwartir Cabang Kota Subulussalam Drs.Salmaza MAP yang melantik pengurus Saka Kencana Kota Subulussalam.

Perwakilan Kodim 0118/Subulussalam Pasiter Lettu Inf H.Turnib, Kasatlantas Iptu Akhir M, Jaksa Mutiara SH mewakili Kejari, Ketua DPD IpeKB Propinsi Aceh  Jenan Taib SE,  Ketua Tim Penggerak PKK .Hj. Mariani Harahap SE.

Serta para Kepala SKPK Kota Subulussalam, Camat,  dan Kepala Kantor Kemenag Kota Subulussalam H. Marwan Z.