‘November Kopi Gayo’ di Bener Meriah Diapresiasi Banyak Pihak


Bener Meriah – Kegiatan November Kopi Gayo yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, Aceh, berjalan sukses dan semarak.

Acara yang diadakan secara live dan virtual di Taman Budaya Arboretum, Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Rabu (11/11/2020) menampilkan beragam kegiatan seni yang bertemakan kopi gayo, seperti didong, tari guel, pembacaan puisi, dan lain-lain.

Acara itu juga menampilkan atraksi mugower kopi, menutu kopi, menyele kopi dan juga ada atraksi menapi kopi.

Kegiatan yang dibuka Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, diapresiasi banyak pihak seperti Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Anggota Komisi II DPR RI asal Aceh Nasir Djamil, Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK.

Bupati Bener Meriah Sarkawi sangat mengapresiasi penyelenggaraan even tersebut dalam rangka menyambut panen raya kopi gayo di sepanjang akhir tahun 2020 ini.

“Gayo, kopi, dan budaya, adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah, kita memang hidup dengan itu. Gayo hidup dengan kopi, Gayo hidup dengan budaya. Itu yang kemudian menjadi satu kesatuan ruh spiritnya orang Gayo. Ini yang harus dirawat dan dijaga dengan baik,” tutur Sarkawi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengemukakan acara ‘Seni November Kopi Gayo’ sangat unik karena menggabungkan kenikmatan kopi gayo dengan sajian pertunjukkan seni tari, seni musik, dan puisi.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sebuah video siaran resmi yang dirilis oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin (9/11/2020).

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah memberikan ucapan selamat dan dukungan atas terselenggaranya ‘November Kopi Gayo’ 2020 secara virtual.

“Saya Nova Iriansyah, Gubernur Aceh, dengan ini mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan November Kopi Gayo tahun 2020 secara virtual di Taman Budaya Gayo, Arboretum, Bener Meriah,” ujar Nova dalam video pendek yang dibagikan, Rabu (11/11/2020).

Nasir Djamil menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya “November Kopi Gayo 2020”. “Ini merupakan inisiatif yang patut diapresiasi, November Kopi Gayo kan sebenarnya ingin melestarikan tradisi yang ada di Tanah Gayo,” ujar Nasir Djamil, di Bener Meriah, Jumat (6/11/2020).

Anggota Komisi II DPR RI itu menyebutkan dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, keberadaan tradisi panen kopi gayo yang merupakan hasil pertanian dari wilayah Dataran Tinggi Gayo (DTG) ini tidak hilang.

Kadis Pariwisata Budaya Pemuda Olah Raga, Bener Meriah, Irmansyah SSTP MSP dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut adalah bentuk perayaan atau pesta rakyat dalam menyambut panen raya kopi gayo.

Selain itu, juga ditujukan untuk menjadi ikon daya tarik wisata di Kabupaten Bener Meriah. “Dan salah satu bentuk promosi kopi gayo sebagai warisan leluhur kepada dunia dan bertujuan melestarikan tradisi yang ada di Dataran Tinggi Gayo,” kata Irmansyah.(InfoPublik)