10 Gampong di Abdya Masuk Program Ekspedisi Destana Tsunami 2020 BNPB


Aceh Barat Daya – Sepuluh gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masuk dalam Program Ekspedisi Desa Tangguh Bencana Tsunami (Destana) BNPB Tahun 2020.

Manager Area Ekspedisi Destana Abdya M Rahman Muslim ST, mengatakan menindaklanjuti program Destana 2020 itu, BNPB melakukan pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) pada 10 gampong di Abdya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Desa Tangguh Bencana.

Hal itu dikatakan M. Rahman saat acara pembentukan FPRB di gampong Padang Bak Jok, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten setempat, Rabu (11/11/2020).

“Untuk tindakan pengurangan resiko bencana perlu untuk kita bentuk Tim Forum Pengurangan Resiko Bencana di 10 gampong yang telah ditunjuk oleh BNPB Pusat, salah satunya adalah Gampong Padang Bak Jok ini,” ujar M Rahman.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa BNPB Pusat sudah merekrut Fasilitator Daerah dan Fasilitator Desa untuk melakukan Penilaian Ketangguhan Desa (PKD) di gampong atau desa.

“Dengan adanya Fasda dan Fasdes dapat mengajak semua elemen masyarakat melakukan kerjasama guna menjadikan gampong atau desa tangguh bencana,” tutur M Rahman.

Sementara itu, Keuchik Gampong Padang Bak Jok, Muhammad Saman mengapresiasi program Destana dan akan mengupayakan segala sesuatu hal yang bisa mendukung forum PRB berjalan semestinya demi kemaslahatan, keselamatan masyarakatnya saat sebelum, sedang dan sesudah terjadinya bencana yang menimpa.

“Kami akan mendukung upaya Fasda dan Fasdes dalam pembentukan Forum PRB ini, kami atas nama Pemerintah Gampong akan membantu apa saja yang kami bisa lakukan,” kata Saman.

Pada forum tersebut, Keuchik Gampong Padang Bak Jok itu dan masyarakat juga meminta agar pihak TNI dan Polri ikut dilibatkan dalam struktur Forum PRB.

“Kami berpikir Babinsa dan Bambinkhamtibmas perlu dimasukkan kedalam struktural Forum PRB. Karena selama ini mereka selalu memonitor segala hal yang berkaitan dengan persoalan masyarakat, terutama saat sedang terjadi bencana, mereka selalu ikut membantu,” ungkapnya.

Adapun gampong yang masuk dalam program Destana BNPB 2020 tersebut tersebar di empat Kecamatan, diantaranya empat gampong di Kecamatan Susoh yaitu, Padang Baru, Geulima Jaya, Kedai Palak Kerambil, Ladang dan Padang Panjang.

Kemudian, tiga gampong di Kecamatan Tangan-Tangan, yaitu gampong Padang Bak Jok, Padang Kawa, dan Blang Padang. Dan, masing-masing satu gampong di Kecamatan Setia, yaitu Kuta Murni, serta gampong Lhok Pawoh di Kecamatan Manggeng. (sal)