Diskominsa Aceh Gelar KOSALA


Banda Aceh – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh menggelar kegiatan KOSALA (Kominfo Saweu Sikula) kepada siswa-siswi SMA Negeri 7 Banda Aceh, Rabu (11/11/2020).

Tujuan kegiatan yang mengunjungi sekolah ini untuk meningkatkan peranan semua pihak agar berkontribusi aktif dalam penyebarluasan informasi yang baik didunia pendidikan sehingga terwujudnya komunikasi yang sehat diantara pelajar.

Serta memberikan informasi mengenai lembaga pendidikan yang dapat menjadi pilihan oleh para siswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi.

Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini adalah Sufiani selaku Kepala Bidang Persandian Diskominfo Aceh. Ia memberikan materi dengan judul “Tamat SMA ada Sekolah Persandian loh!”

Sufiani mengatakan bahwa ada lembaga pendidikan yang dapat ditempuh setelah tamat SMA, lembaga ini juga termasuk ikatan dinas. Setelah selesai mengemban ilmu di lembaga ini, jika layak akan ditugaskan didaerah tertentu.

“Banyak sekolah ikatan dinas bisa menjadi pilihan. Jangan terpaku dengan satu lembaga ikatan dinas. Sandi ini mungkin baru terdengar, tapi sebenarnya sudah lama yaitu dari tahun 1950,” jelasnya.

Politeknik Siber dan Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang keamanan siber dan kriptografi.

“Kriptografi ini adalah untuk membuka bahasa sandi,” ujarnya.[]