Tim Pidie Adventure Taklukkan Puncak Gunong Apui


Pidie – Sepuluh anak muda Pidie yang tergabung dalam Tim Pidie Adventure, Selasa berhasil menaklukkan puncak Gunong Apui di gugusan pegunungan Peut Sagoe, Pidie, Aceh.

Dua dari 10 pendaki itu adalah perempuan. Misi mereka mengibarkan sang Saka Merah Putih. Di kawasan Gunong Peut Sago terdapat empat kawah aktif dan salah satunya adalah puncak atau Gunong Apui. Tiga puncak searah garis arah timur dan satunya ke arah selatan, dengan ketinggian 2.780 mdpl.

Kawasan Gunong Peut Sago adalah gugus dari bukit barisan yang merupakan salah satu titik api aktif di Kabupaten Pidie, dan tetangga dekat Gunung Api Burni Telong (Bener Meriah), juga bagian dari rangkaian ‘ring of fire’ pada sabuk Sumatera.

“Kami bermalam di hutan saat gelap dan kembali melanjutkan perjalanan ketika mulai terang,” kata Ketua Tim Pidie Adventure, Andi Firdaus, Selasa (10/11/2020).

Medan yang sulit ditambah risiko gangguan dari binatang buas, tak menyurutkan langkah sepuluh pemuda tersebut. Tak jarang mereka harus melalui jalan mendaki dan licin yang sangat menguras tenaga. Modal mereka hanya semangat.

Selain Andi, sembilan orang lainnya yang ikut dalam ekspedisi tersebut adalah Beny Yaco Mafa, Ismunandar, Ricky Hidayat, Fakhrureza, Zian Mustaqim, Munazir dan Uun Fajaruna. Sementara yang perempuan adalah Suci Fathur dan Fitriani.

Andi Firdaus mengaku dia dan timnya membutuhkan waktu 10 hari untuk bisa mencapai puncak, menembus hutan belantara. Berangkat pada 22 Oktober 2020 dan tiba di puncak Gunung Apui pada 4 November 2020. “Startnya di Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang,” ungkap dia.

Sampai di puncak Gunong Apui, tim memasang monumen puncak Apui sebagai tanda pencapaian akhir pendakian dan simbol gunung api aktif yang berjarak hanya sekitar 10 kilometer dari permukiman warga di kawasan Geumpang.

“Kami juga menjelajahi Danau Kemiki yang disebut-sebut sebagai danau terluas di Pidie. Luas Danau Kemiki diperkirakan sekitar 20 hektare, dan merupakan sumber air hutan bagi satwa yang mendiami hutan Geumpang yang masuk dalam tutupan hutan konservasi Ulu Masen,” tutur dia.

Andi menjelaskan, pendakian ke puncak Gunong Apui dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92, bekerja sama dengan Bidang Kepemudaan Disparbudpora Pidie.

Kegiatan itu juga dalam rangka mempromosikan Gunung Peut Sagoe untuk pengembangan objek wisata di Kabupaten Pidie. Disamping mendaki puncak Gunong Apui, kegiatan lain yang dilakukan Tim Pidie Adventure adalah menyantuni anak yatim dan fakir miskin, serta pemberian buku anak kepada anak-anak usia dini.(Infopublik)