Diskominsa Aceh Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengelola TIK


Banda Aceh – Dinas Kominfo Persandian (Diskominsa) Aceh menggelar Rakor Tim Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SKPA (Satuan Kerja Perangkat Aceh) dan Tim Pengelola TIK Utama Pemerintah Aceh di Hotel Kyriad Muraya, Kamis (5/11/2020).

Rapat koordinasi itu merupakan agenda rutin Dinas Kominsa Aceh yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan kali ini membahas, menganalisa, dan mencari solusi permasalahan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) TIK Pemerintah Aceh.

Hasil yang diharapkan yaitu adanya jawaban terhadap kebutuhan kompetensi, sinergitas antar SKPA dan keberlanjutan pengembangan SDM TIK Pemerintah Aceh.

Kepala Diskominsa Aceh Marwan Nusuf pada saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa salah satu misi Pemerintah Aceh adalah revitalisasi fungsi perencanaan daerah dengan prinsip evidence based planning yang efektif, efisien dan berkelanjutan.

“Misi ke-9 itu melahirkan program unggulan Pemerintah Aceh yaitu Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT). SIAT dalam skala nasional dikenal sebagai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau government,” sebutnya.

Baik SPBE maupun SIAT, keduanya dapat dilakukan melaui pembangunan aparatur negara yang mencakup kelembagaan, ketatalaksanaan, pelayanan publik dan sumber daya manusia (SDM) aparatur.

Marwan menyebutkan SPBE, SIAT atau e-government mendukung semua area perubahan sebagai upaya mendasar dan menyeluruh dalam pembangunan aparatur negara yang memanfaatkan TIK, sehingga profesionalisme aparatur sipil negara dan tata kelola pemerintahan yang baik perlu diwujudkan.

“Di sisi lain penyelenggaraan SPBE, SIAT atau e-government terkendala jumlah pegawai ASN yang memiliki kompetensi teknis TIK,” jelas Marwan.

Dengan hadirnya narasumber Kepala BBPSDM dan BPSDM diharapkan dapat membuka wawasan peserta berkenaan pengembangann kompetensi ASN bidang TIK.

“Kita sangat mengharapkan lahirnya kurikulum dalam rangka pendidikan dan pelatihan serta kursus pengembangan profesional untuk mendukung peningkatan kapasitas/kompetensi SDM TIK Pemerintah Aceh,” tuturnya.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh tiga narasumber, yakni Marwan Nusuf selaku Kadis Kominsa Aceh, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBPSDM) Irbrar Samekto dan Kasubbid Pengembangan Kompetensi Umum Jabatan Administrasi Syukri R.[]