BUMG di Kecamatan Blangpidie Ikuti Pelatihan Manajemen Keuangan Usaha


Aceh Barat Daya – Dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan usaha BUMG, sejumlah pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan manajemen pelaporan keuangan usaha, yang bertempat di Hotel Grand Arista Gampong Kedai Paya, kecamatan setempat, Rabu (04/11/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut terselenggara berkat atas kerjasama antar desa dalam kecamatan Blangpidie, yang digelar selama dua hari dimulai sejak Rabu hingga Kamis, (05/11/2020) besok.

Kegiatan dibuka langsung oleh Camat Blangpidie Krisnur SP, turut hadir perwakilan TA dari P3MD Abdya Fitriadi SE, Ir Rachim Saputra, Darmawan SE, Sri Kurniati ST, Pendamping Desa (PD) dan PLD kecamatan setempat, serta salah satu pemateri dari Banda Aceh Hadi Muttaqin SE.

Dalam sambutannya, Camat Blangpidie Krisnur SP mengatakan BUMG merupakan kunci penggerak ekonomi gampong.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, nantinya pengelolaan BUMG bisa berjalan lebih efektif, terarah, produktif, dan berkelanjutan,” ungkap Krisnur.

Oleh karena itu, kata dia BUMG harus berada di garda depan dalam mendukung pembangunan gampong yang maksimal secara nyata.

Selain itu, Ia juga berharap BUMG harus bisa mampu menggerakkan ekonomi gampong sehingga menjadi penompang pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

Meski demikian, tambah Krisnur dalam pengelolaan keuangan usaha BUMG juga tetap harus dilakukan dengan baik, transparan dan mampu dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

“Saya berharap bapak ibu mengikuti pelatihan ini dengan serius, mudah-mudahan materi yang diberikan bisa diaplikasikan pada masing-masing BUMG di gampong,” harap Krisnur.

Sementara itu, panitia Pelaksana Kegiatan Kerjasama Antar Desa Desmarizal Bayu Saputra, mengatakan tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kapasitas bagi pengurus guna mewujudkan pengelolaan ekonomi gampong melalui BUMG.

“Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta masing-masing merupakan perwakilan dari pengurus BUMG yang ada di Kecamatan Blangpidie,” tutur Desmarizal.

Kemudian, salah satu peserta pelatihan Mirza, merasa senang dan terbantu dengan adanya pelatihan manajemen pelaporan keuangan BUMG tersebut.

Mirza berharap setelah mengikuti pelatihan bisa meningkatkan dan menumbuhkembangkan usaha BUMG yang ada di gampongnya, dan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan PAG bagi gampong.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami pengurus BUMG, sehingga saya berharap nantinya bisa menjalankan BUMG di gampong saya lebih baik lagi setelah mengikuti pelatihan ini,” pungkas Mirza.

Pantauan KitaNews di lokasi, hari pertama kegiatan pelatihan semua peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. (sal)