Miliki 4 Keterampilan Ini, Kamu Bisa Hasilkan Cuan Selama di Rumah Aja


Jakarta – Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya lebih banyak beraktivitas di rumah sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran virus. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan baru, sembari mencari uang secara online.

Berikut ini ada 4 keterampilan yang dapat dikembangkan untuk mengisi waktu, dan bisa menghasilkan uang selama masa pandemi:

1. Memasak
Belajar memasak merupakan hal yang mudah dilakukan bagi setiap orang, dan bisa berpeluang bisnis. Sebab, banyak sekali orang yang membeli makanan secara online.

Menurut data internal Tokopedia (Mei 2020) mengungkapkan kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu dari empat kategori paling populer selama pandemi.

2. Urban Farming
Urban farming merupakan suatu metode pertanian kota dengan konsep berkebun di lahan yang terbatas. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan, bermanfaat sekaligus menyegarkan pikiran, terutama selama masa pandemi.

Selain itu, hasil tanaman juga bisa dijual baik secara online ataupun konsumsi sendiri agar bisa lebih hemat saat pandemi.

Menurut data Tokopedia (Mei 2020), berkebun menjadi kegiatan yang digemari belakangan ini. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga.

3. Kerajinan Tangan
Selain memasak dan berkebun, membuat kerajinan tangan di rumah saat pandemi bisa menjadi aktivitas alternatif dalam mengasah kreativitas.

Beberapa kreasi DIY yang patut dicoba seperti dekorasi, papercraft hingga wallpaper, yang mana hal ini sangat dicari saat online, karena banyak orang yang mendekorasi kamarnya selama masa pandemi.

4. Editing/Desain
Keterampilan lain yang dapat ditingkatkan selama pandemi yaitu editing foto, video, audio dan sebagainya. Skill editing maupun desain dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan vlog, podcast dan berbagai konten di media sosial. Skill ini bahkan dapat dipelajari gratis secara online.

Selain itu, skill editing/desain yang didapatkan bisa menghasilkan uang, misalkan menawarkan jasa ke orang lain, atau membuat konten di YouTube atau media sosial lainnya.(akurat.co)