Abdya Raih Penghargaan Tercepat Penyaluran BLT DD 2020


Aceh Barat Daya – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menerima penghargaan tercepat tingkat provinsi dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Kementerian Keuangan RI, melalui Dirjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Aceh.

Hal itu menyusul telah tuntasnya penyaluran BLT DD kepada seluruh KPM terhitung mulai tahap kesatu sejak bulan April – Juni, dan juga tahap kedua mulai bulan Juli – September tahun 2020 yang sudah mencapai 98%.

“Alhamdulillah, Abdya menerima menerima piagam penghargaan kabupaten/kota tercepat penyaluran BLT DD tahun 2020,” ungkap Musawir Kepala DPMP4 Abdya Musawir S.Sos, M.Si, kepada KitaNews, Selasa (27/10/2020).

Piagam penghargaan tersebut, kata Musawir diserahkan langsung oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Aceh, Syafriadi didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh, Azhari, dalam acara Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se-Aceh, yang berlansung di Hotel Grand Permatahati, Banda Aceh, Senin (26/10/2020) kemarin.

“Penghargaan yang kita peroleh berupa sertifikat dan plakat diterima langsung oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PMG) DPMP4 Abdya Arif Zulfahmi di Banda Aceh,” imbuhnya.

Dia menjelaskan penghargaan yang diterima itu dibagi dalam dua kategori, yaitu masing-masing tiga kabupaten untuk kategori tercepat penyaluran BLT DD, dan tiga kabupaten untuk kategori tercepat penyaluran Dana Desa (DD).

“Untuk kategori tercepat penyaluran BLT DD diberikan kepada Kabupaten Abdya, Kota Banda Aceh dan Pidie Jaya, sedangkan untuk kategori tercepat penyaluran DD 2020, piagam penghargaan diberikan kepada Kabupaten Aceh Besar, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah,” paparnya.

Kepala DPMP4 Abdya itu mengaku, sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima tersebut.

“Penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kita semua. Prestasi yang kita raih ini akan kita pertahankan,” kata Musawir.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Ahli (TA) P3MD Kabupaten Abdya, Fitriadi SE yang juga sebagai PIC BLT-DD mengungkapkan pencapaian ini tidak terlepas dari kerja kerasnya seluruh Pendamping Desa (PD) di Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa (PLD) dalam mengawal untuk percepatan penyaluran BLT, dan juga dukungan dari DPMP4 Kabupaten Abdya dan seluruh camat di kecamatan masing-masing.

“Terima kasih kesemua TPP Kabupaten Abdya yang sudah memfasilitasi penyaluran BLT DD dengan berbagai kendala, dan Alhamdulillah kita dapat menyelesaikannya dengan cepat,” tuturnya.

“Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menambah semangat menjalankan tugas, dalam pendampingan desa,” pungkas Fitriadi.(sal)