Tekan Penyebaran Covid-19 Aparat Gabungan di Abdya Gelar Razia Prokes


Aceh Barat Daya – Aparat gabungan terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, BPBK dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menggelar razia masker di Jalan Nasional Letkol BB Jalal Desa Pantai Perak, Kecamatan Susoh, kabupaten setempat, Jum’at (23/10/2020).

Amatan KitaNews, kegiatan razia masker tersebut ditujukan kepada warga yang mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat demi mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Warga yang terjaring razia atau tidak menggunakan masker dicatat identitasnya oleh petugas, dan diberikan sanksi teguran lisan.

Selain itu, juga dikenakan sanksi berupa membaca hafalan ayat pendek, menyanyikan lagu wajib, dan berolahraga.

“Razia ini digelar rutin di Abdya dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19,” kata Riad Kasatpol PP Abdya.

Tambah Riad, penegakan disiplin protokol kesehatan Covid itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pihak Kabupaten, namun juga menjadi tugas bersama berbagai pihak.

“Penegakan disiplin covid ini juga harus dilakukan di setiap gampong melalui keuchik masing-masing yang dikoordinir oleh Camat,” imbuhnya.

Dikatakan Riad, Pemkab Abdya akan menggelar razia rutin setiap harinya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Direncanakan memang setiap hari, akan tetapi paling tidak setiap minggu kita lakukan dua kali razia masker,” tegasnya.

Menurut Riad, razia masker tersebut akan terus dilakukan apabila masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid.

“Jika kesadaran semua masyarakat sudah ada akan bahaya yang diakibatkan oleh virus corona ini, yaitu dengan selalu memakai masker ketika berada diluar rumah, jaga jarak dan selalu mencuci tangan, maka kegiatan razia ini tidak diperlukan lagi,” tutupnya. (sal)