Dua Pekan kedepan Polda Aceh akan Lakukan Operasi Zebra


Banda Aceh – Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh melalui Direktorat Lalu Lintas akan menggelar Operasi Zebra 2020 selama dua pekan.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Rabu, mengatakan operasi digelar untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

“Operasi Zebra digelar 26 Oktober hingga 8 November 2020. Ada tujuh prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Zebra,” kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Sasaran operasi tersebut di antaranya pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm sesuai SNI. Pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan.

Kemudian, pengemudi mabuk saat mengendarai kendaraan bermotor, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengamanan.

Serta pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus lalu lintas dan pengendara sepeda motor maupun roda empat di bawah umur, kata Kombes Pol Dicky Sondani.

“Bagi pengguna kendaraan yang terjaring operasi akan ditilang serta wajib mengikuti sidang di pengadilan,” kata mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan tersebut.

Oleh karena itu, perwira menengah Polri tersebut mengingat masyarakat melengkapi surat kendaraan bermotor serta alat keselamatan sebelum berkendara di jalan raya.

Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan operasi zebra digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat guna mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Operasi mengedepankan preemptif, preventif, dan penegakan hukum. Operasi memedomani protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” kata Kombes Pol Dicky Sondani.(aceh.antaranews.com)