Beredar, Buku Biografi Teungku Dayah


Banda Aceh – Bandar Publishing menerbitkan buku “Menapak Jejak: Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam: Ulama, Dai, Guru dan Politikus”, yang ditulis Sadri Ondang Jaya. Buku itu diluncurkan bertepatan dengan hari Santi di Lamgugob, Banda Aceh, Kamis (22/10/2020).

“Besok sudah mulai beredar, semoga bisa memperkaya literasi perbukuan di Aceh. Buku ini sangat layak untuk santri, mahasiswa, dan para dai, para guru, pemimpin, politikus, kalangan lain bahkan ulama,” Ujar Masyitah, Manager Bandar Publishing.

Menurut Masyitah, narasi bukunya yang ditulis Sadri Ondang enak dibaca oleh berbagai kalangan, yang diselipkan juga ayat-ayat Alquran dan Hadis yang kontekstual.

Penulis buku Sadri Ondang Jaya pada peluncuran itu mengatakan, buku yang ditulis sebagian isinya mengisahkan tentang eksisten dan kiprah Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam dalam mendidik, berdakwah, dan sebagai politikus.

“Buku ini memaparkan dengan jernih liku-liku dan perjuangan Abuya H Zamzami Syam selaku ulama dalam berdakwa, mendidik, termasuk menjadi politikus,” ujar Sadri.

Sebagaimana lazimnya buku biografi juga memaparkan, tentang riwayat hidup, seperti kelahiran, hidup dari masa kecil hingga akhir hayat, pernak-pernik hidup, dinamika saat menuntut ilmu, dan falsafah hidup.

Selain itu, buku biografi ulama tersohor di Aceh ini memuat pula tentang moralitas dan keteladanan yang perlu dicontoh oleh siapa saja yang berkeinginan menjadi insan salihin.

buku yang ditulis mantan wartawan Serambi Indonesia ini sangat cocok dijadikan “kado” hari santri yang dirayakan tanggal 22 Oktober tahun ini.

Karena isi buku ini juga dengan gamblang mencerita daya upaya membangun pesantren dan gelimang kehidupan santri di pesantren itu.

Sadri Ondang Jaya lahir di Gosong Telaga Selatan, Singkil Utara, Aceh Singkil pada tanggal 12 Agustus 1969. Pengurus NU Aceh Singkil yang juga suami dari Eva Rinawati, ayah dari Muhammad Hadi Akbar dan Muhammad Faiz Nabilla ini, pernah mengecap pendidikan di SMP Negeri satu Singkil, MTsh dan Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf, SPG Negeri Tapaktuan dan FKIP Unsyiah Banda Aceh.[]