Pangdam Iskandar Muda Resmi Tutup TMMD ke-109 Kodim Abdya


Aceh Barat Daya – Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin SIP MM secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di Gampong Babahlung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Acara seremoni penutupan TMMD tersebut berlangsung di pendopo Bupati kabupaten setempat, Rabu (21/10/2020).

Acara dipimpin langsung Pangdam IM Mayjen TNI Hassanudin SIP, turut dihadiri Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djon Afriadi SIP MS DA, Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, Wakil Bupati Muslizar MT, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, Kapolres AKBP M Nasution SIK, Kajari Nilawati SH MH, Sekda Drs Thamrin, unsur Forkopimkab, para asisten, dan kepala SKPK, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, SIP MM mengatakan kehadiran elemen TNI bersama dengan Polri semuanya itu untuk mencerahkan dan memajukan masyarakat.

Program TMMD ini, dikatakannya untuk mendukung percepatan arah pembangunan, seperti sasaran fisik dan non fisik pada TMMD ke 109 Abdya yang sudah tuntas dilaksanakan seratus persen, dan semuanya itu bertujuan untuk membantu masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi secara bersama-sama dan juga telah bersama-sama mengerjakan program ini,” ucap Pangdam Hassanudin.

Dia juga mengungkapkan kehadiran TNI bersama dengan polri selalu bersinergi dalam berbagai kegiatan.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 tentunya dimasa seperti ini merubah tatanan kita berkomunikasi tata cara kita beribadah bahkan tata cara yang lain-lain namun, suka tidak suka mau tidak mau kita harus mengetahui hal itu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pangdam menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di Abdya, dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, mengenakan masker, serta menjaga jarak.

Sebenarnya, jelas Pangdam program TMMD adalah program dari pemerintah untuk kemaslahatan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“ Tadi sudah dilaporkan bahwa dengan adanya inflasi pembangunan ini bisa membuka akses yang jauh bisa menjadi jarak tempuh yang singkat,” tutur Pangdam.

Sementara itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim mengahturkan ucapan terimakasih atas kunjungan Pangdam IM ke Abdya. Kehadiran Pangdam IM menurutnya akan menjadi spirit bagi masyarakat Abdya dalam membangun daerah.

Selain itu tambah Bupati Akmal, selama ini TNI bergerak sangat aktif menjalankan tugas dan fungsinya, khususnya di Abdya sebagai contoh dalam bidang pertanian. Bahkan, TNI juga berperan aktif dalam persoalan-persoalan besar terutama dalam hal memberikan dukungan kepada masyarakat.

Sebelumnya, dalam laporan Dansatgas TMMD ke 109, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melaporkan kegiatan fisik dan non fisik TMMD 109 yang berlangsung di Gampong Babah Lhung seratus persen tuntas dikerjakan.

Dandim menyebutkan, seperti sasaran fisik pembukaan badan jalan sepanjang 2,5 km dan peningkatan badan jalan sepanjang 1 km.

Kemudian, pembersihan badan jalan lama seluas 4 meter, dengan panjang 3 km, pemasangan armco sebanyak 3 titik, pembuatan tiga unit jembatan beton, sekaligus pemasangan beronjong penahan tebing sungai.

Disamping itu, sambung Dandim sasaran non fisik yang sudah terlaksana selama TMMD ke 109, yaitu penyuluhan bela negara bagi pelajar, penyuluhan kesehatan (Covid-19 dan KB), penyuluhan Narkoba, penyuluhan kehutanan, penyemprotan disinfektan, serta pembagian masker kepada masyarakat. (sal)