KMP Aceh Hebat 2 Segera Dilaunching


Banda Aceh – Setelah beberapa waktu lalu dilakukan peluncuran KMP Aceh Hebat 1, kini giliran KMP Aceh Hebat 2 siap di-lauching ke air pada Jumat 16 Oktober 2020 di galangan PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia di Bangkalan – Madura (Jawa Timur).

Acara launching ini juga direncanakan disaksikan oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah dan Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi Ali.

Peluncuran kapal kali ini dilaksanakan malam hari, menyesuaikan dengan pasang surut air laut di lokasi pembuatan kapal. Usai peluncuran, kapal ini akan dilakukan serangkai pengujian, salah satunya uji berlayar (sea trial) agar nantinya saat melayani lintasan Ulee Lheue – Balohan, kapal ini dapat beroperasi secara optimal. Seluruh uji teknis dan non-teknis sangat penting dilakukan demi keselamatan , keamanan dan kenyamanan pelayaran.

Sebagai informasi, KMP. Aceh Hebat 2 ini akan melayani lintasan Ulee Lheue – Balohan sejarak 18 mil laut. Desain kapal disesuaikan dengan kondisi perairan sabang dan fasilitas serta interior didesain khusus untuk pelayaran jarak pendek dan mencerminkan suasana wisata.

Kapal ini memiliki daya muat sebanyak 377 penumpang dan 24 unit kendaraan (kombinasi). Kapasitas mesin induk yang digunakan berdaya 2 x 1400 HP dengan kecepetan mesin mencapai 13 knot.

KMP Aceh Hebat 2 memiliki ukuran panjang 63,75 meter dengan lebar 13,6 meter dan tinggi mencapai 3,9 meter. Kapal ini mulai dibuat pada Tahun 2019 dan diharapkan dapat beroperasi pada bulan Januari 2021.

KMP Aceh Hebat 2 ini berkapasitas 1100 GT, yang berarti lebih besar dari KMP. BRR dengan bobot 911 GT yang beroperasi pada lintasan Ulee Lheue – Balohan saat ini.

Kehadiran kapal ini diharapkan lebih mendorong peningkatan konektivitas daratan Aceh dengan pulau weh untuk mendukung tumbuhnya pariwisata dan perekonomian di kawasan Sabang yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).[]