Tegakkan Prokes, Gugus Tugas Aceh Tamiang Razia di Perbatasan


Aceh Tamiang – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang menggelar razia bersama di Posko Terpadu Satgas Covid-19 Kantor UPPKB Seumadam (jembatan timbang) BPTD Wilayah I Provinsi Aceh, Rabu (14/10/2020).

Razia itu digelar sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat di kawasan perbatasan yang lalu lalang masuk ke wilayah Provinsi Aceh untuk patuh terhadap protokol kesehatan.

Di posko tersebut, para pengendara maupun penumpang yang masuk ke Aceh wajib memakai masker dan menunjukkan surat Kesehatan dari Dinas Kesehatan, Puskesmas atau Instansi berwenang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tamiang Syuibun Anwar mengatakan sesuai dengan Surat Gubernur Aceh Nomor 440/10863 tanggal 4 Agustus 2020 tentang Pengetatan Penjagaan Perbatasan Aceh, maka razia ini dilakukan tiga kali sehari pagi dari siang dan malam.

Ia menegaskan setiap penumpang atau pengendara yang berasal dari luar Aceh harus dapat menunjukkan surat kesehatan dan akan diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan thermal scanner camera yang sudah terpasang di lokasi Posko.

“Alhamdulillah thermal scanner camera sudah berada di posko perbatasan kita, ini akan memudahkan petugas dalam pemeriksaan suhu tubuh,” ujarnya.

Bagi penumpang yang tidak mempunyai surat kesehatan maka tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Aceh. Sedangkan bagi yang tidak memakai masker maka akan diberikan sanksi sosial.

Selama ini belum ada yang penumpang yang suhu badannya melebihi 38 ke atas. Jika ada akan dilakukan tindakan awal yaitu menyuruh penumpang untuk beristirahat sejenak, kemudian baru lakukan scan ulang.

“Biasanya pengaruh cuaca juga menyebabkan naiknya suhu tubuh, setelah beristirahat sebentar kebiasaan suhunya akan normal kembali,” tuturnya.(Infopublik)