Satgas TMMD Kodim Abdya Optimis Pembangunan Fisik Selesai Tepat Waktu


Aceh Barat Daya – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Kodim/0110 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipastikan berjalan sesuai dengan rencana.

Kegiatan yang bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat itu, guna menunjang pembangunan sarana dan prasarana di desa sebagai bentuk sinergitas TNI dalam mendukung pembangunan nasional.

Selain itu, Kegiatan TMMD juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

TMMD ke 109 Kodim 0110/Abdya berlokasi di Gampong Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikan Dandim Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Plh Pasiter TMMD ke 109 Kapten Inf Mohd. Arifin kepada KitaNews, Rabu (14/10/2020).

“Sisa waktu kegiatan TMMD ke 109 tidak lama lagi, Insyaalah Anggota Satgas terus berpacu menyelesaikan sasaran fisik yang belum selesai seperti penimbunan jalan, Pemasangan Armco dan Bronjong,” ujar M. Arifin.

Menurutnya, program TMMD dilaksanakan untuk mendorong masyarakat desa semakin berkreasi dan berinovasi dalam berbagai usaha sesuai potensi desa, sehingga kehidupan masyarakat pedesaan makin sejahtera.

Kata Arifin, hingga saat ini ada beberapa pengerjaan sasaran fisik yang belum selesai, hal itu terkendala akibat cuaca yang kurang mendukung.

“Lambat sedikit karena terkendala oleh kurang bersahabatnya cuaca, kurang lebih satu minggu kami bekerja dibawah rintikan hujan, akan tetapi dengan semangat, kerja keras dan dibantu masyarakat pekerjaan fisik terus kami lanjutkan hingga selesai,” ungkapnya penuh semangat.

Disamping itu, dia juga menjelaskan dengan adanya kegiatan TMMD dapat menimbulkan kembali semangat gotong royong di lingkungan masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui bersama jiwa gotong royong yang merupakan tradisi masyarakat Indonesia untuk sekarang ini sudah mulai luntur dan punah, justru melalui TMMD ini lah salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah daerah,” paparnya.

Ia juga optimis jika pelaksanaan kegiatan TMMD ini mampu berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan.

“Program TMMD harus berjalan sesuai perencanaan dan persiapan, sehingga dalam pelaksanaannya menghasilkan hasil yang berkualitas, baik dari sasaran fisik maupun non fisik,” tandas Arifin.(sal)