Satgas TMMD Kodim 0110/Abdya Bangun Bronjong Pengaman Tebing Sungai


Aceh Barat Daya – Pelaksanaan kegiatan bakti sosial TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) saat ini terus berlanjut sejak resmi dibuka oleh Dandim Letkol Inf. Arip Subagyo beberapa pekan lalu.

Hasil dari kegiatan TMMD tersebut mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentunya hasil itu diperoleh karena semangat kerja keras, kekompakan dan kebersamaan tim yang selama ini terus dipupuk Anggota Satgas TMMD ke 109 dengan masyarakat.

“Atas semangat dan kekompakan tim satgas yang didukung bersama masyarakat, Alhamdulillah ada beberapa sasaran fisik dalam kegiatan TMMD ke 109 yang sudah seratus persen selesai dikerjakan,” kata Plh Pasiter Kapten Inf Mohd. Arifin, Kamis (8/10/2020).

Dikatakan Arifin sasaran pekerjaan fisik yang sudah tuntas dikerjakan seratus persen, yaitu pembersihan badan jalan lama sepanjang 3.000 meter dengan lebar 4 meter, dan pembangunan jembatan type 1 ukuran 5 meter x 4,5 meter.

“Dua sasaran fisik sudah tuntas, sedangkan beberapa sasaran fisik lagi saat ini masih dalam tahapan proses pengerjaan,” imbuhnya.

Dia berujar, pelaksanaan kegiatan TMMD Ke 109 sudah memasuki hari ke 16, dan waktu tersisa tidak lama lagi. Namun, kata Arifin proses pekerjaan fisik akan tetap terus dilaksanakan secara optimal.

“Sisa waktu tim satgas TMMD tinggal kurang lebih 14 hari lagi, jadi kita optimis sesegera mungkin terus mengejar ketertinggalan tersebut,” tegasnya.

Ia juga menyatakan, selain sasaran pekerjaan fisik pembersihan badan jalan lama dan jembatan, saat ini kata Arifin Anggota Satgas TMMD ke 109 juga sedang berupaya membangun bronjong pengaman tebing sungai.

Tujuan pembangunan itu, dijelaskan Arifin agar tidak meluapnya air sungai ke badan jalan, terutama ketika intensitas curah hujan tinggi, sehingga tanah tebing sungai tidak terkikis oleh erosi.

“Bronjong ini kita bangun tujuannya untuk pengaman tebing agar air sungai tidak mengikis tebing, dan tanah tidak longsor ambruk ke dalam sungai, serta juga air sungai tidak ikut meluap ke badan jalan,” ujarnya.

Lanjut Arifin, proses pengerjaan sasaran fisik pada kegiatan TMMD ke 109 sedikit terkendala akibat situasi cuaca yang kurang mendukung. Meskipun demikian katanya tidak mematahkan semangat Anggota Satgas dalam berkerja.

“Beberapa hari belakangan ini cuaca mulai sering hujan akibatnya proses pengerjaan di lapangan agak sedikit terkendala. Walaupun demikian anggota satgas tetap tidak patah semangat, mereka terus berpacu bersama-sama menyelesaikan pekerjaan mengikat kawat dan menyusun batu bronjong pengaman tebing,” jelasnya.

Dia optimis pekerjaan fisik pemasangan bronjong pengaman tebing sungai itu bisa selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Mudah-mudahan dengan semangat dan kerja keras yang tinggi anggota satgas, saya yakin pengerjaan bronjong ini dapat selesai dengan target waktu yang telah ditentukan,” tutup Kapten Mohd. Arifin.(sal)