Satgas TMMD Kodim/0110 Abdya Gelar Baksos Pembersihan Jalan Desa


Aceh Barat Daya – Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Komandan Distrik Militer (Kodim)/0110 Kabupaten Aceh Barat Daya menggelar bakti sosial (baksos) pengerjaan pembersihan badan jalan sepanjang 3 km, Gampong Babah Lhung, Kecamatan Blangpidie.

Hal tersebut dikatakan Serma Rony Kusmayadi selaku penanggungjawab dan pengawas kegiatan fisik pada program TMMD ke 109 Kodim 0110/Abdya sesuai  keterangan tertulis yang diterima KitaNews, Selasa (6/10/2020).

“Insyaallah, pelaksanaan kegiatan fisik dalam rangka program TMMD Ke-109 Kodim 0110/Abdya sampai saat ini terus kita pacu proses pengerjaannya yang ikut dibantu bersama masyarakat,” tutur Rony.

Untuk sasaran fisik, tambah Rony, ada dua kegiatan yang dikerjakan, diantaranya kegiatan pembersihan badan jalan lama sepanjang 3 km, dan pembukaan ruas badan jalan baru dengan volume jarak tempuh 2,5 km.

“Pembersihan badan jalan lama (jalan setapak) awalnya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja, sehingga setelah dibersihkan nantinya kita berharap bisa dilewati oleh kendaraan roda empat juga,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan disamping dilakukan pembersihan sisi kiri kanan dari ruas badan jalan, juga membersihkan parit-parit sepanjang badan jalan yang dimaksud.

“Pembersihan badan jalan seperti parit-parit, kiri kanan bahu jalan, dan progres realisasinya pun di lapangan sudah mencapai 95 persen,” imbuhnya.

Menurut dia, selama digelarnya program baksos TMMD ke 109, anggota Satgas bersama masyarakat terus bersinergi bekerja sama dan saling bahu membahu dalam mengerjakan sasaran pekerjaan fisik.

Meskipun di bawah terik matahari tidak menyurutkan semangat tim satgas dan partisipasi masyarakat dalam semua kegiatan TMMD, baik kegiatan fisik maupun non fisik.

“Alhamdulillah, ada dukungan penuh dari masyarakat terlihat dan dibuktikan mereka terlibat aktif mengerjakan pekerjaan fisik pembersihan badan jalan lama yang pengerjaannya sudah berjalan mulai dari awal pembukaan hingga hari ini,” jelas Rony.

Rony juga menuturkan, kegiatan fisik pembersihan badan jalan lama itu memiliki lebar jalan 4 M, dan pengerjaannya pun sudah membuahkan hasil jalan mulai terlihat lebar dan indah, yang awalnya kecil, curam dan menanjak sekarang sudah terlihat bagus, sehingga masyarakat tidak akan takut dan khawatir lagi saat melintasi jalan tersebut.

“Kami juga menurunkan alat berat guna mempermudah dan mempercepat dalam proses pengerjaan pembersihan badan jalan lama, sehingga dapat selesai dengan waktu yang kita harapkan,” pungkas Serma Rony Kusmayadi.