Kemenag Abdya Lakukan Monitoring dan Evaluasi ke Sembilan KUA


Aceh Barat Daya – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sembilan Kantor Urusan Agama (KUA) di kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut sekaligus pembinaan kinerja Penyuluh Agama Non PNS triwulan ketiga di sembilan Kantor Urusan Agama (KUA).

“Alhamdulillah, kegiatan monitoring dan evaluasi sudah berjalan dua hari dari tiga hari yang kita rencanakan di sembilan kecamatan di Abdya,” ujar Kepala Kemenag Abdya Drs H Salihin usai kegiatan monev di KUA Kecamatan Lembah Sabil, Selasa (6/10/2020).

H Salihin mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan monev tersebut untuk memastikan jalannya kinerja penyuluh agama sesuai dengan tugas dan fungsinya disetiap kecamatan masing-masing.

“Dalam monev ini, kita juga ingin melihat secara langsung dan memastikan apakah tugas kepenyuluhan selama ini sudah berjalan sesuai dengan laporan bulanan,” sebutnya.

Disamping itu tambah H. Salihin selain memperkuat silaturahmi, kegiatan monev yang dilakukan secara rutin triwulan itu juga berkaitan dengan administrasi kantor, kepenghuluan dan kepenyuluhan, serta kedisiplinan.

“Semoga dengan adanya kegiatan monev ini peran KUA sebagai unit pelayanan keagamaan kepada masyarakat bisa lebih prima,” imbuhnya.

Kepala Kemenag Abdya itu juga menegaskan, penyuluh harus bisa memahami dan merealisasikan budaya integritas yakni keselarasan antara hati, sikap dan perbuatan sesuai dengan tugas yang diembannya.

“Penyuluh Agama Islam adalah manusia pilihan dari Kementerian Agama untuk melakukan pembinaan umat demi kemaslahatan hidup dunia dan akhirat. Untuk itu Penyuluh Agama harus memposisikan diri menjadi contoh dalam mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kasubag Kemenag Abdya, Suryadi Anwar, S. Ag, Kasi Bimas Islam Kemenag Abdya, M. Yatim, MA dan T. Faisal, STh serta kepala KUA Lembah Sabil beserta Penyuluh dan PNS KUA setempat. (Sal)