Gampong Kuta Tinggi Tuntaskan Penyaluran BLT DD


Aceh Barat Daya – Pemerintah Gampong Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menuntaskan kegiatan penyaluran bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD), yang berlangsung di Kantor Keuchik gampong setempat, Selasa (6/10/2020).

Bantuan tersebut merupakan periode tahap II untuk bulan September 2020, sedangkan bulan Juli dan Agustus sudah selesai disalurkan.

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Keuchik Tabrani, turut disaksikan oleh Kasie PMG Nur Atiyah S.Ag mewakili Camat Blangpidie, Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, PLD, Tuha Peut, dan perangkat gampong setempat.

Sekdes gampong Kuta Tinggi Rahmat Firnanda SKM usai penyerahan BLT kepada KitaNews, Selasa (6/10/2020) mengatakan jumlah penerima manfaat BLT DD tahap II sebanyak 122 KPM.

Dari total 122 KPM, sebut Rahmat, diantaranya terdapat sebanyak 13 KPM yang sebelumnya memperoleh BLT dari APBK.

“BLT APBK hanya diberikan selama satu tahap saja, yaitu bulan April, Mei dan Juni, sehingga pihak gampong sesuai hasil musyawarah memasukkan 13 KPM tersebut sebagai penerima BLT DD di tahap II,” jelas Rahmat.

Tambah Rahmat, KPM yang tidak menerima BLT APBK lagi, maka pada penyerahan ini BLT DD nya dirapel selama tiga bulan terhitung sejak Juli, Agustus, dan September dengan total bantuan yang diterima sebesar Rp 900 ribu per KPM.

“Sebelumnya pada tahap I April, Mei dan Juni jumlah penerima BLT DD 109 KPM, sedangkan 13 KPM lagi tidak menerima lagi BLT APBK, sehingga jumlah uang yang diterima mereka ini dirapel 3 bulan,” paparnya.

Sementara itu, keuchik gampong Kuta Tinggi Tabrani, menuturkan kegiatan BLT tersebut menelan dana desa sebesar Rp 291.600.000,- terhitung penyaluran sejak dari bulan April hingga September 2020.

Terkait informasi penyaluran BLT DD berlanjut hingga Desember 2020, Tabrani belum bisa memutuskan.

Dirinya selaku Keuchik tetap menunggu informasi resmi dari pihak kabupaten adanya regulasi daerah berupa Perbub perubahan.

“Memang sesuai aturan terbaru di kementerian desa ada penambahan BLT sampai bulan Desember, tetapi kita keuchik-keuchik juga harus menunggu info resmi dari kabupaten, paling tidak ada perbub perubahannya,” ungkap Tabrani.

Menurut dia, pihaknya akan memetakan kembali kondisi keuangan dana desa dalam APBGP tahun 2020 jika BLT DD berlanjut sampai Desember.

“Jika memang nanti ada keputusan resmi dari kabupaten, mudah-mudahan saja kita masih ada dananya untuk BLT,” tuturnya.

Kesempatan itu, Ia juga menghaturkan ucapan terimakasih pada pihak-pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan penyerahan BLT dari awal hingga akhir.

“Saya selaku keuchik gampong mengucapkan rasa terimakasih pada bapak/ibu dari pihak kecamatan, PD, PLD, Babinsa, Babinkamtibmas, Tuha Peut, dan Tuha Lapan, serta perangkat gampong lainnya yang sudah membantu proses penyaluran bantuan tunai dana desa sampai selesai di tahap II,” tutupnya.(sal)