Horee… Menteri Desa Terbitkan Regulasi BLT DD Berlanjut Hingga Desember


Aceh Barat Daya – Kabar gembira, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 akan dilanjutkan hingga tiga bulan kedepan.

Sebelumnya, BLT DD hanya untuk bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus dan September 2020. Kini BLT DD akan diperpanjang untuk tiga bulan lagi mulai bulan Oktober, November dan Desember 2020.

Hal tersebut, menyusul diterbitkannya aturan baru terkait bantuan langsung tunai (BLT) dana desa oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memperpanjang program BLT dana desa hingga Desember 2020.

Yakni, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Permendes tersebut ditetapkan pada tanggal 28 September 2020 oleh Menteri Desa, PDTT Abdul Halim Iskandar.

Kemudian, telah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham RI dalam lembaran Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020, tertanggal 30 September 2020.

Dalam lampiran ke-II Permendes PDTT tersebut, poin 3 dari huruf (Q) pencegahan dan penanganan bencana alam dan non alam, tentang bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD).

Selanjutnya, pada huruf (d) jangka waktu dan besaran pemberian BLT DD, angka ke empat disebutkan “besaran BLT Dana Desa per bulan sebesar Rp300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per keluarga untuk 3 (tiga) bulan ketiga (Oktober, November, dan Desember).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pemerintah memutuskan memperpanjang pemberian BLT sampai September.

Manfaat yang diberikan mulai dari bulan April -Juni sebesar Rp 600.000 per KPM, sementara sisanya dari bulan Juli – September sebesar Rp 300.000 per KPM. (sal)