FH Unsyiah Selenggarakan Webinar Nasional Metodologi Penelitian Hukum


Banda Aceh – Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, menyelenggarakan kegiatan ilmiah berupa Webiner Nasional dengan tema Metodologi Penelitian Hukum, Senin (28/9/2020). Kegiatan daring itu berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan Webiner Nasional tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Dr. Azhari Yahya, S.H., MCL., MA.

Dalam paparannya, Dr. Azhari menjelaskan kegiatan berupa forum ilmiah seperti ini merupakan kegiatan yang bersifat urgent, penting dan mendesak. Hal ini mengingat kualitas metodologi penelitian hukum yang baik tentunya akan dapat menghasilkan hasil penelitian yang akurat.

“Dengan demikian, hasil penelitian yang akurat tersebut dapat menjadi pedoman bagi para pengambil kebijakan dalam menyusun berbagai program pembangunan serta dalam proses pengambilan kebijakan,” jelas Azhari.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga merupakan manifestasi nyata salah satu “Dharma” dari “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yaitu ” Dharma berupa “Penelitian” di samping dua Dharma lainnya yaitu Pendidikan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

Ia juga menyebutkan bahwa ketiga pemateri itu sangat penting bagi ilmu hukum. “Prof Mukti Fajar memiliki buku Dualisme Penelitian Hukum yang dikutip lebih 8.000 sitasi. Dalam kaitan kurikulum dan metode penelitian, buku-buku Prof Syahrizal sudah dikutip lebih 800 sitasi.

“Sedangkan di FH Unsyiah, salah satu yang pernah menulis buku penelitian hukum adalah Dr. Sulaiman Tripa,” imbuh Azhari.

Lebih lanjut, menurut Azhari, kegiatan yang dilaksanakan untuk menguatkan mata kuliah Metode Penelitian Hukum.

“Ada tiga tujuan yang terkait dengan mata kuliah ini. Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar metode penelitian. Mengajarkan kepada mahasiswa cara melakukan penelitian kepustakaan. Dan memberikan pengetahuan dasar tentang tata cara penulisan karya tulis ilmiah,” urainya.

Ketua Program Studi Sarjana Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH Unsyiah), Dr. Muazzin, S.H., M.Hum memberi Pengantar terkait Metodologi Penelitian Hukum pada Webiner Nasional tersebut.

Menurut Dr. Muazzin, penyelesaian masalah-masalah hukum, sangat ditentukan oleh cara berpikir dan metode yang benar. Salah satu yang senantiasa harus diperkuat oleh setiap perguruan tinggi adalah metode penelitiannya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya penguatan keilmuan lulusan FH Unsyiah yang sekarang berakreditasi A.

“Webinar ini sebagai upaya berkelanjutan dari FH Unsyiah dalam menjaga mutu lulusan terkait kemampuan menyelesaikan masalah-masalah hukum secara ilmiah,” terang Muazzin.

Kegiatan Webiner Nasional tersebut menghadirkan tiga pembicara, yakni Prof. Dr. Mukti Fajar DN, S.H., M.Hum dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA (UIN Ar-Raniry), dan Dr. Sulaiman Tripa, S.H., MH (Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala), dengan dipandu Ketua UPT MKU Unsyiah, Dr. Teuku Muttaqin Mansur, MH.