Puluhan Anak Ikuti Sunat Massal di Den Arhanud-001/CSBY


Lhokseumawe – Sebagai sumbangsih TNI kepada masyarakat serta memenuhi harapan warga dalam rangkaian memperingati HUT Satuan Detasemen Arhanud-001/CSBY ke-33. Puluhan anak di empat desa dalam Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara mengikuti sunatan massal.

Selain giat sunat massal, kegiatan yang bekerjasama dengan PT Vinca Rosea tersebut juga melaksanakan kegiatan donor darah di Markas Detasemen Arhanud-001/CSBY Desa Pulo Rungkom Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (26/9).

Danden Arhanud-001/CSBY Mayor Arh Alse Ariyanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud dari kepedulian TNI terhadap masyarakat khususnya warga di lingkungan Detasemen Arhanud 001/CSBY.

“Dalam memperingati HUT Satuan, kami dari TNI sebagai pengayom masyarakat merasa bersyukur dapat bekerjasama dengan Bang Azhari Foundation untuk menggelar kegiatan bakti sosial khitanan massal dan donor darah,”kata Mayor Arh Alse Ariyanto.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wujud syukur serta kepedulian TNI dalam membantu masyarakat di lingkungan satuan, terlebih bagi masyarakat kurang mampu.

Dikatakannya, dalam giat tersebut pihaknya melakukan khitanan massal sebanyak 20 anak dan berhasil mengumpulkan 50 kantong darah.

“Alhamdulillah hari ini melakukan khitanan massal sebanyak 20 anak dan dalam kegiatan donor berhasil mengumpulkan 50 kantong darah,”katanya.

Selain itu, kata Mayor Arh Alse Ariyanto, dalam rangkaian HUT satuan pihaknya juga sebelumnya telah melakukan bakti sosial yakni, penyemprotan disinfektan di Masjid dan Musholla serta pembagian sembako bagi warga yang membutuhkan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat bahwa dengan adanya satuan Den Arhanud-001/CSBY maka dapat menciptakan kebersamaan, solidaritas, dan kemanunggalan TNI bersama rakyat dapat berjalan dengan sinergi,”kata Mayor Arh Alse Ariyanto.

Dikatakan Mayor Arh Alse Ariyanto, di tengah pandemi COVID-19 untuk pelaksanaan kegiatan itu pihaknya tetap mengutamakan penerapan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran penularan virus mematikan tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan dalam rangkaian HUT Satuan, kita harus tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan, agar terhindar dari terpapar COVID-19,”kata Mayor Arh Alse Ariyanto.

Mayor Arh Alse Ariyanto juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19

Sementara itu, pimpinan PT Vinca Rosea Azhari saat kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada TNI karena telah menggerakkan aksi sosial ditengah pandemi COVID-19 dan mengharapkan semoga TNI semakin kuat bersama rakyat.

“Saatnya kita peduli dan berbagi bersama rakyat, semoga dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya,”katanya.

Pantauan di lapangan terlihat puluhan anak-anak di lingkungan Markas Detasemen Arhanud-001/CSBY yang mengikuti sunatan massal ini gugup menunggu giliran dan ada yang ketakutan hingga menangis.

Namun, ada juga beberapa anak terlihat berani dan dengan santai menunggu antriannya, bahkan berani menyaksikan teman lainnya disunat.(aceh.antaranews.com)